Saturday, August 29, 2015

Gaul

Ketika kecil saya mendapati perspektif gaul sbb: suka minum, suka nongkrong di pinggir jalan, bisa merokok dan berpakaian up to date.
Ketika selepas SMA saya dihadapkan pada perspektif berbeda: gaul tidak hanya soal penampilan fisik. Namun gaul pun makin berkembang misalnya gaul teknologi, tahu tempat2 bersejarah di indonesia, tahu harga mobil2 mewah, tahu nama2 tempat terkenal di dunia, tahu nama2 bintang film terkenal di berbagai film yg dimainkan.
Bukan masalah benar salahnya jalan yg dipilih. Tapi kemana kaki kita akan melangkah untuk masa depan kita sendiri yg menentukan.

Bypass Input dan Output

Lebih baik bypass output daripada input karena jika input dibypass kita tak pernah tahu ada malfunction.
Lebih baik melatih mengendalikan pikiran daripada sibuk menyingkirkan godaan, karena godaan akan selalu ada dimanapun kita berada.

Dokter Idola

Ramai tidaknya sebuah klinik/praktek dokter juga ditentukan oleh komunikatif tidaknya para dokternya. Mau nggaknya dokter menjawab dan menjelaskan secara awam kepada pasien sangat menentukan kepuasan pasien. Murah senyum dan ramah tamah adalah nilai tambah yg membuat pasien kerasan bahkan pengen balik kesana lagi. Dokter tampan/cantik/seksi adalah nilai plus2 yg walopun gak sakitpun rasanya jadi pengen selalu ke dokter. Dokter yg pendiam, minim kata2, kurang mau menjawab/menjelaskan adalah mimpi buruk buat pasien. Jadi?

Jangan Pake Mobil Ini Di Bali

Jangan pake mobil ap*, x*nia ataupun av*nza di Bali. Jangan esmosi dulu. Begini ceritanya.... Pasalnya mobil ini udah jadi mobil sejuta umat sekaligus mobil sejuta travel yg biasanya mengantarkan tamu-tamu baik manca maupun dome keliling seantero bali. Suatu ketika saya menginap di sebuah hotel berbintang di kawasan nusa dua, ketika masuk sang security bertanya dgn polos, "Mau jemput tamu, Pak?" Saya jawab "ya" aja biar cepet. Hikssss....

Pengalaman lain ketika saya ngisi bensin di sebuah spbu di kawasan jalan bypass canggu-tanah lot, yg nota bene ini kawasan pariwisata. Selesai ngisi sang petugas pom bensin bertanya juga tak kalah polosnya, "Perlu nota, Pak?" Saya jawab "nggak" dengan mimik se-elegan mungkin. Nggak mungkin dong saya cerita panjang lebar kalo ini mobil pribadi bla... bla.... blaaa... wkwkwkwwk...

Mentang-mentang tampang sopir truk sering di-underestimate.
Jadi masih mau pake ketiga mobil itu di Bali? :)

Tuesday, August 18, 2015

Critical E11even

Dalam penerbangan dikenal critical eleven: 3 menit setelah take off dan 8 menit sebelum landing. Setiap pertemuan berkualitas ditentukan oleh 3 menit pertama dan 8 menit menjelang perpisahan. Presentasi menarik pada 3 menit opening dan 8 menit closing.

Yang menarik dari angka 11. Nomor komputer 11. 11 tahun yg lalu resmi jadi anggota jamsostek. Kamar di 211. Melewati tgl 11 Agustus di Balikpapan. 11+11+11+1 roles yg saya pelajari di ldss.

Monday, August 10, 2015

Sarjana Turun Tangan

Banyak hal sebenarnya yg bisa diperbaiki di negeri ini. Misalnya rumah sakit umum di daerah perlu sentuhan sarjana IT agar sistem registrasi lebih simpel. Tidak perlu lagi nulis2 nama dan alamat beberapa kali. Syukur2 hanya dgn scan e-ktp semua proses beres mulai dari registrasi hingga pembayaran termasuk bisa terintegrasi dgn kartu kredit atau no rekening pasien. Saya yakin para ahli IT endonesa banyak yg bisa lah.

Sistem lalu lintas misalnya. Tidak perlulah pak pulisi sampe turun tangan mengatur lalu lintas kendaraan di lampu merah. Cukup mengatur nyala mati lampu merah kuning hijau berdasarkan rame tidaknya jalan di suatu perempatan/pertigaan (smart traffic light). Ambil data kepadatan jalan dr mana? Kini google maps memberikan data akurat kondisi kepadatan suatu ruas jalan terutama di kota2 besar. Buat ahli elektro dan kontrol ini mah tugas kuliah biasa, kan? :)

Gak sampai lah harusnya para sarjana banyak nganggur karena gak kebagian lapangan kerja.

Biaya Ngaspal Jalan

Anggap setiap tahun 10% saja dari APBD kabupaten tabanan dialokasikan untuk perbaikan jalan (Rp 126 milyar). Trus kalo biaya ngaspal jalan per meter persegi adalah Rp 125.000 maka biaya ngaspal 860 km jalan adalah 430 milyar (dgn asumsi lebar rata-rata jalan 4 meter). Jadi butuh sekitar 3.5 tahun agar seluruh jalan kabupaten di tabanan bisa teraspal dgn indah. Mustinya gak ada cerita lagi jalanan tabanan tak terawat, bahkan pak gubernur pun menjadikan bahan olokan.

APBD Tabanan 2014 = 1,26T
Sumber:
http://m.antarabali.com/berita/46376/dprd-tabanan-setujui-apbd-2014

Panjang jalan di Tabanan total : 1057 km
Panjang jalan kabupaten : 860 km
Sumber:
http://bali.bps.go.id/tabel_detail.php?ed=610001&od=10&id=10

Biaya ngaspal jalan per meter: Rp 125.000
Sumber:
http://murahaspal.blogspot.com/2013/01/aspal-hotmix.html?m=1