Thursday, June 13, 2024

Attaka Turn Around 31 Mei-4 Juni 2024

TA yang semula dijadwalkan 25-29 Mei 2024 tertunda karena ternyata belum mendapat persetujuan ulang dari SKK Migas. Proses perijinan pun dibuat ulang dengan penuh perjuangan. Tepat tanggal 30 Mei ijin TA diapprove yang mana TA harus dilaksanakan besok 31 Mei 2024. Ediannn semua kalang kabut. Semua tim bergerak cepat, mulai dari mematangkan rencana dan mendatangkan crew yang sudah terlanjur dipulangkan. 

Kamis 30 Mei siang tiba-tiba mendapat laporan Slop Pump Bravo tidak bisa running. Ketika dicek motor harus diganti karena short. Beruntung ada spare di LQ. Semula sempat mau dipasang diaphragm pump namun diurungkan karena pressurenya kurang tinggi untuk menembus Gross. 

Akhirnya tim bekerja hingga larut malam. Jam 8 malem ada telfon lagi dari Bravo jika lubang dudukan motor ke base meleset. Musti di bor. Dan sekitar jam 10 malem pekerjaan ganti motor selesai dengan cucuran keringat. TA berarti lanjut. 

Jumat 31 Mei 2024 jam 6.30 kami berkumpul di Rechall untuk meeting bersama setelah menunggu tim Construction dari STA datang. Sejak jam 4 subuh tadi sudah dilakukan actual shutdown dengan mengaktifkan fire detector di Production, dan juga switching fuel dari CP menjadi dari STA via V108. Awalnya fuel dari STA tidak stabil karena inletnya fluktuatif, tapi setelah menunggu beberapa saat kemudian stabil.

TA dimulai dengan gagah perkasa. Kami meeting lagi di CP. Dan item pertama yang maintenance kerjakan adalah penggantian aktuator SDV 1406A OGGL to Santan, penggantian actuator PCV 1106, PM SECE V1101 dan V1106 sekaligus ganti PT fuel PT1106. Sedangkan mekanik repair muffler 303A dan service 303A dan B. Hari pertama fuel untuk generator Production menggunakan V108 dari STA. Sedangkan fuel dari CP ditutup karena mengganti actuator PCV 1106 fuel. 

Actuator SDV 1406 dilepas pada hari pertama, seorang pekerja machine shop diutus ke Attaka mengukur adapter dan shaft SDV. Actuator bekas ditransfer oleh crew Construction ke kapal dengan bantuan chain pull. SDV baru lalu diangkut ke atas deck, bersyukur dibuatkan deck tambahan di pinggir laut, mobilisasi jadi lebih gampang. Kapal puyuh dipakai agar lebih mudah karena arusnya masuk.

Hari kedua fabrikasi adapter dan shaft SDV dilanjutkan di Santan Machine Shop. Aku dan tim SDV mengganti versa valve 301A dan B dan juga tubing 3/4 di atas fresh water CP. Sedangkan om Jack PM SECE V106 dan V108. Hari kedua fuel generator sudah pakai dari CP V1106. Yudith dan Jumri migrasi CSU di STA bersama Pakde Yasin connect new battery charger. Sore hari adapter dan shaft dikirim dari machine shop, berat adapter 15 kg, shaftnya sekitar 40 kg. Tiga orang terpaksa dikirim jemput ke propane karena menurut Marine tidak safe.

Hari ketiga, 2 Juni 2024, subuh-subuh hujan, kami mulai lanjutkan memasang actuator SDV 1406A lagi. PM SECE V107 baru bisa dilakukan setelah switching fuel generator melalui jalur belakang. Om Jack kerjain V107 dulu sebelum kerjain replace seal SDV discharge C303A. Yudith dan Jumri kerjain SDV surge control C301B. 

Hari keempat, 3 Juni 2024 aku, Efan Jumri, Om Jo, Bahri ke Delta untuk ganti turbin meter dengan Elmag. Meskipun valve upstream dan downstream sudah ditutup namun masih passing juga. Om Jack dan Yudith ke Foxtrot ganti battery prosesor SLC 500 PLC shutdown sistem. Malem ke production meter STA gak konek. Partial back online 303B online jam 20.30, 301A dan 302C online jam 20.45

Hari kelima 4 Juni 2024 kami berkumpul di central memonitor proses pasca TA. Charlie online siang 13.30 pasca purification dan repair engsel. Sore baru selesai perbaikan muffler C303A. Malem jam 19.00 akhirnya 303A online, 19.15 mulai back online H, J & L. Komplit sudah. 

Pagi-pagi ketika mau pulang dapat laporan jika meter elmag Delta masih belum sesuai flownya. Local display 8000an tapi di PI flow rate baru 4000an. Jumri akhirnya kesana ubah k factor dari 270an menjadi 160. Semoga awet. 

Selesai sudah kegiatan TA tahun 2024 ini. Rabu kami bisa pulang normal dan tidak jadi extend. Komplit sudah. Pulang dengan kepala tegak.




No comments: