Thursday, April 05, 2018

Ego, Rendah Hati dan Kenali Diri

CARA MELATIH DIRI MENJADI ORANG YANG LEBIH SABAR DAN RENDAH HATI

1. Terima batasan Anda
2. Terima fakta bahwa akan selalu ada orang yang lebih baik/buruk dari Anda
3. Terima bahwa kita manusia tidak lepas dari kesalahan
4. Jangan terlalu membanggakan diri sendiri dan pamer
5. Jangan merasa semua pencapaian dalam hidup Anda terjadi karena diri Anda sendiri
6. Hargai dan bantulah orang lain
7. Stay hungry, stay foolish (teruslah belajar)

Tujuh Langkah Mengatasi Ego Kita:
1. Berhenti menjadi tersinggung.
2. Lepaskan keinginan Anda untuk menang.
3. Lepaskan kebutuhan Anda untuk menjadi benar.
4. Lepaskan keinginan Anda untuk menjadi lebih unggul.
5. Lepaskan keinginan Anda untuk memiliki lebih.
6.Lepaskan mengidentifikasi diri berdasarkan prestasi Anda.
7. Lepaskan reputasi Anda.

Mengenal diri sendiri dengan menjawab 15 pertanyaan berikut:
-Apa kelebihan saya?
-Apa kekurangan saya?
-Apa yang saya suka?
-Apa yang saya tidak suka?
-Apa yang paling penting bagi hidup saya?
-Siapa orang yang paling penting dalam hidup saya?
-Apa arti kesuksesan bagi saya?
-Apa yang membuat saya bahagia?
-Apa yang membuat saya tidak bahagia?
-Siapa seseorang atau figur yang saya anggap sebagai pahlawan (your hero)?
-Saya adalah orang yang …
-Saya ingin menjadi orang yang …
-Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang …
-Apa yang membuat saya takut?
-Kenapa saya tidak bisa mendapatkan apa yang saya inginkan?

No comments: