Monday, January 07, 2013

Laporan Keuangan 2012

Tahun t'lah berganti dan sudah bisa dihitung berapa total pengeluaran tahunan kita ketika kalender sudah diganti. Pos pengeluaran saya bagi menjadi 14 kategori: bekal, belanja, buku, flash, gadget, indah, investasi, pulsa, sekolah, servis, sumbangan, tiket, tv kabel dan online shopping.

Gambar di atas adalah pie diagram persentase pengeluaran dari ke 14 pos keluarga kami. Dibanding tahun 2011, jenis investasi berkurang namun nilainya bertambah karena beli tanah. Pos terbanyak adalah biaya hidup bulanan yg masuk kategori bekal (39%). Urutan kedua dan ketiga adalah tiket dan bekal untuk ibu (12%). Sedangkan belanja memakai kartu kredit dan debet urutan keempat 11%. Sumbangan hampir 9% dan gadget 6%. Sedangkan yg lain menduduki tempat selanjutnya rata-rata 2% ke bawah.

Lumayan berat! Pokoknya tahun 2013 mau bikin laporan keuangan bulanan dan dicek per bulan agar lebih jelas bocor dimana. Uang bulanan juga dikasi ibu sekali jalan agar lebih mudah memantau. Semoga bisa mengurangi budget 30%-an. Agar bisa fokus investasi dan tabungan pendidikan anak masa depan.

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: