Sunday, January 06, 2013

8 Tahun Menunggu Citilink

Sejak 8 tahun yang lalu saya sudah melakukan commuting Balikpapan-Denpasar dan sebaliknya. Kebetulan saya bekerja di Balikpapan dengan schedule 2-2, 2 minggu on duty dan 2 minggu berikutnya off duty. Ketika off saya pulang ke Bali tentunya menggunakan pesawat. Selama ini saya selalu naik pesawat dengan transit terlebih dahulu di Surabaya atau Makazzar. Bahkan dulu pernah juga jalur transit saya via Yogyakarta atau Jakarta.

Tapi sejak bulan Januari ini, tepatnya 1 Januari saya mencoba penerbangan baru Citilink Denpasar-Balikpapan direct dengan pesawat besar Airbus A320-200. Pesawat berangkat jam 14.40 dan perjalanan begitu nyaman meskipun hari itu cuaca sedikit berawan, namun karena pesawatnya besar, hanya terjadi guncangan kecil saja dan kami tiba di Balikpapan dengan nyaman dan selamat.

Sebelum ada penerbangan direct Denpasar-Balikpapan ini, sejak beberapa bulan lalu saya juga sudah menggunakan Citilink dengan transit via Surabaya. Saya sangat berterima kasih kepada Citilink karena dibukanya rute baru ini. Sudah 8 tahun lebih saya telah menunggu-nunggu rute ini. Entah harus bagaimana mengungkapkan perasaan bahagia saya, tapi melalui tulisan sederhana ini saya secara pribadi mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Citilink.

Jika menggunakan penerbangan transit, saya harus berangkat 3 jam lebih cepat daripada penerbangan direct dengan Citilink. Untuk pekerja seperti saya, jangankan 3 jam, 1/2 jam saja sangat kami hargai. Ini salah satu nilai plus rute Citilink baru ini.

Disamping saya, sebenarnya banyak pula teman-teman dan orang-orang di sekitar saya senang dengan adanya penerbangan direct ini. Teman saya di Balikpapan rata-rata berkomentar jadi gampang dan mudah jika mau berlibur ke Bali. Teman saya yang anti liburan saja, bulan depan justru merencanakan liburan ke Bali karena adanya direct flight dengan harga bersaing ini. Sedangkan teman-teman di Bali banyak yang berkomentar, lebih mudah jika mau tirta yatra ke Tenggarong, Kalimantan Timur. Juga para transmigran Bali yang tinggal di Kalimantan Timur lebih gampang mencari penerbangan pulang kampung. Di sisi lain pemerintah Bali harusnya berterima kasih atas kehadiran penerbangan ini karena tentu saja wisatawan dari Balikpapan (sebagai pintu gerbang Kaltim), pasti lebih banyak berkunjung ke Bali.

Di samping ke Denpasar, Citilink juga membuka rute penerbangan baru Balikpapan-Yogyakarta dan Balikpapan-Solo. Teman-teman commuting saya yang pulang ke Solo dan Yogya kegirangan menyambut rute baru penerbangan ini yang akan dibuka pada 23 Januari 2013.

Salah satu yang saya sukai menggunakan Citilink adalah mudahnya melakukan pembelian electronic-tiket melalui situs www.citilink.co.id. Dengan smartphone saya selalu memantau penerbangan dan melakukan issue tiket jika mendapat harga yang memuaskan, pembayaran bisa menggunakan kartu kredit Mandiri. Ketika cek in juga dipermudah dengan adanya fasilitas " Web Check in". Sebelum berangkat saya sudah cek in terlebih dahulu semalam sebelumnya menggunakan smartphone atau komputer sehingga saya bisa memilih seat yang saya sukai.

Sebagai akhir kata, saya kembali mengucapkan terima kasih kepada Citilink. Semoga Citilink makin jaya di udara. Flight berikutnya saya akan terbang dari Balikpapan-Denpasar tanggal 16 Januari 2013. Semoga setiap perjalanan aman dan selamat bersama Citilink.

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: