Thursday, January 31, 2013

Dunia Selebar Layar Blackberry

Sejak 2008 saya sudah ngeblog di blogspot dan belajar menulis apa saja (http://panjisekarlangit.blogspot.com). Meskipun masih seputar kehidupan pribadi. Sejak akhir 2011 saya mulai ngeblog di wordpress dan blog ini adalah blog keluarga saya, Ranacitta Family (http://ranacitta.wordpress.com).

Sejak April 2009 saya sudah menggunakan blackberry. Sebelum tahun itu saya masih mengetik di komputer. Setelah memiliki blackberry aktivitas mengetik saya "pindah" ke bb. Hampir 95% aktivitas blogging saya lakukan di layar kecil dengan keypad qwerty itu. Cukup mengasyikkan dan bisa dilakukan dimana-mana, di toilet, ngantri boarding pesawat, nunggu antrian di bank, bahkan saat di atas pesawat tentunya dengan posisi bb offline.

Sejak awal 2012 saya membeli smartphone Android. Sejak itu sarana blogging saya menjadi bertambah. Adanya Wordpress Apps for Android semakin memudahkan kegiatan blogging mulai dari posting baru, edit postingan lama, upload gambar hingga melihat statistik harian hingga tahunan.

Jika di Android saya menggunakan Apps, di bb saya cukup menggunakan email untuk memposting tulisan baru. Kita cukup kirimkan email, beserta gambar jika mau, ke alamat yang sudah kita set di account blogspot, tulisan kita otomatis terupdate. Disamping email, di bb juga tersedia aplikasi Wordpress for Blackberry yg berfungsi sama dengan di Android.

Pokoknya dunia semakin sempit dan hanya dalam genggaman. Slogan dunia selebar daun kelor itu kini berubah "dunia cuma selebar layar blackberry". Salam bloggers.

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: