Thursday, January 23, 2014

Dalam Sebulan HP-ku Rusak Dua-duanya

18 Des 2013, saat itu hujan rintik aku naik Japs ke Kediri membelikan anakku kue. Ketika pulang HP sudah kumasukkan kresek kue, tapi karena hujannya cukup deras, hp ku basah. Aku bongkar dengan panduan di Youtube dan berhasil kering tapi jadi tak bisa membaca SIM Card. Esoknya kubawa ke service center Samsung, harus ganti mesin dan bayar 1,6 juta kata petugas. Busyet. Seorang teman menyarankan memperbaiki di Planet Cell Tabanan. Dia menawari ongkos 300rb recovery IMEI, aku langsung mengiyakan.

Seminggu kemudian menjelang akhir tahun berakhir ketika di Attaka, giliran BB ku yang hang. Awalnya aku install lagi whatsapp. Mungkin karena kepenuhan message, bb ku muncul jam pasir. Ketika restart dan cabut batere, tak mau booting, hanya muncul layar putih dengan tulisan "Blackberry".

Ketika off aku bawa ke Planet Cell lagi dan install ulang, bayar 75rb tapi datanya hilang semua terutama notes yg selama ini aku bikin. Tapi untung sebagian sudah aku back up termasuk bbm contact.

Pelajaran berharga dari kejadian ini:
- secara berkala kita harus melakukan back up hp kita mulai dari file penting hingga kontak.
- jangan terlalu bergantung dengan hp, usahakan aktivitas yg biasa dilakukan di hp bisa juga dilakukan di komputer.
- catatan-catatan ringan dibikin back up juga di PC.
- foto-foto harus diback up berkala.

Akhirnya aku mendaftar internet banking untuk Niaga dan Mandiri untuk jaga-jaga jika hp-ku rusak lagi.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: