Friday, January 06, 2012

Merencanakan Liburan di Bali

Akhir-akhir ini banyak teman saya liburan ke Bali. Pastinya sebelum mereka datang, selalu menanyakan segala hal tentang Bali ke saya. Mulai dari nanti setelah di Bali obyek apa saja yang bias dikunjungi, hotel mana yang murah meriah dengan kualitas bagus, makanan apa yang khas Bali, kalo pengen menikmati hiburan malam musti kemana, dan pertanyaan sejenis lainnya. Terus terang saya sendiri bingung, soal hotel saya sangat awam di Bali, karena tidak pernah menginap di Hotel (ketahuan deh...).

Daripada pusing menjawab satu-satu pertanyaan itu, saya coba merangkum obyek mana-mana saja yang layak dikunjungi dalam waktu yang tidak terlalu lama di Bali. Daerah-daerah mana yang layak dijadikan tempat mangkal alias tempat nginep.  Ada juga yang nanya, “berapa hari sih waktu yang cukup liburan ke Bali?” Saya tambah bingung jawabnya, karena saya sendiri yang lahir dan besar di Bali belum puas liburan di Bali hehehe. Piss bro! Tapi waktu 4 hingga 7 hari saya kira sudah cukup meng-cover obyek-obyek wisata terkenal di Bali.

Satu hal yang harus diketahui, pulau Bali adalah pulau yang sempit. Tidak seperti Kalimantan, Sumatra apalagi Benua Australia. Jarak dari ujung utara ke selatan saja hanya sekitar 3 jam, bisa kurang kalo naik motor gak pake rem.  Tidak perlu takut kesasar alias tersesat, karena akses menuju tempat wisata sangat gampang dan hampir setiap persimpangan diberi petunjuk menuju obyek wisata terdekat. Saran saya, jika bingung mau nginep dimana jika sudah berada di Bali, datang aja ke depan Bandara untuk nyetop Taxi atau sewa Taxi Bandara, lalu minta tolong sopirnya mengantarkan ke hotel  yang diharapkan. Biasanya si sopir akan memberi beberapa pilihan dengan mengantarkan ke hotel langsung, jika tidak cocok akan diantar ke hotel berikutnya. 

Lalu, ketika sudah menginap di hotel dan bingung mau kemana, pergi aja ke Reseptionist lalu minta tolong dicarikan angkutan/travel pribadi yang siap mengantarkan keliling Bali dengan harga bersaing tentunya. Keuntungan jika kita naik travel pribadi daripada mengikuti paket tour yaitu kita bisa bebas menentukan pilihan kita kemana, semau kita. Jika mengikuti paket tour, kita biasanya bepergian dengan rombongan dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Makanan. Ya, makanan. Banyak sekali yang bertanya apakah semua rumah makan di Bali jualan bak alias B2 alias babi? Saya suka tertawa geli menanggapinya. Bali sudah menjadi tujuan wisata internasional dan semua jenis suku, bangsa dan segala macam model bentuk manusia kayaknya ada di Bali. Maka dari itu tidak usah khawatir untuk mendapatkan makanan halal untuk kawan-kawan muslim, karena warung makan Padang, warung Jawa Jember, Banyuwangi, Bakso Solo, KFC, McD hingga Hoka-hoka Bento bertebaran kayak jamur (lebay banget). Tidak usah khawatir pula untuk mencari masjid untuk Jumatan atapun gereja untuk kebaktian di hari Minggu. So, why not, right now, right here, you open your browser and book your flight to Bali.

Satu tips untuk menghemat biaya liburan anda adalah jangan pergi ke Bali saat musim liburan apalagi tahun baru. Dijamin harga tiket pesawat mahal dan hotel fully booked. Carilah waktu non liburan, atau bahkan saat lebaran adalah salah satu hari yang tepat utk berkunjung ke Bali. Dan berikut saya kasi ringkasan rute dalam sehari yang layak dipertimbangkan agar kunjungan 5-7 hari Anda lengkap, mulai dari objek wisata pantai, objek wisata pegunungan dan danau, objek wisata seni, dsb. Berikutnya saya kasi gambaran singkat objek wisata terkenal yang layak dikunjungi di Bali.

 

Hari I      : Kintamani, Taman Ujung, Goa Lawah, Pantai Candi Dasa

Hari II    : Tegallalang, Ubud, Pasar Sukawati, Goa Gajah

Hari III   : Bedugul, Joger Bedugul, Jatiluwih, Alas Kedaton, Tanah Lot

Hari IV   : Pantai Sanur, GWK, Pantai Dreamland

Hari V    : Nusa Dua, Tanjung Benoa, Pantai Kuta, Waterboom

Hari VI   : Istana Tampak Siring, Kertagosa, Pura Besakih, Sangeh

Hari VII  : Joger, Toko Souvenir Krishna, Toko Souvenir Erlangga

Hari VIII : Taman Safari Bali, Bali Bird Park

(Ini hanya gambaran singkat, sesuaikan dgn kebutuhan dan waktu anda)

 

Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah pantai berpasir putih yang terletak sekitar 15 menit dari Airport Ngurah Rai, atau sekitar 20  menit dari Denpasar. Pantai Kuta adalah pantai yang gratis, artinya untuk masuk ke pantai tidak perlu membeli tiket masuk, cukup bayar parkir saja. Disamping sebagai tempat berjemur para wisatawan, tempat surfing, pantai Kuta juga dikenal dengan pantai yang mempunyai sunset indah. Disini juga anda bisa belajar surfing dari mulai nol hingga bisa, dengan harga sewa papan dan biaya pelatihan yang “masuk di kantong”. Di sekitar pantai Kuta terdapat Hard Rock Hotel plus Cafe-nya, Centro Discovery Shopping Mal, Matahari Kuta Square dan juga seabrek hotel mulai dari hotel murah meriah hingga hotel yang bahkan gaji sebulan pun tak cukup untuk biaya semalam. Jalan Poppies 1 dan 2 adalah jalan wisata yang menghubungkan pantai Kuta dan jalan Legian, dengan hotel dan artshop di kanan kiri jalan plus pemandangan bule bikini pulang ke hotel sehabis surfing.  Jangan lupa siapkan kaca mata hitam agar cuci mata anda berlangsung dgn mulus :p

 

Pantai Sanur

Pantai Sanur terletak di bagian sisi pantai timur Bali, masih di area kota dan hanya berjarak 15 menit dari pusat kota Denpasar. Pantai yang terkenal dengan view sunrise-nya ini juga tak kalah ramainya bertebaran hotel-hotel berbintang. Salah satu hotel legendaris yakni Hotel Grand Bali Beach yang persis menghadap laut dan konon salah satu kamarnya adalah kamar favourite Bung Karno, dan konon pula tidak terbakar saat kebakaran beberapa tahun lalu. Di Sanur pula diadakan Sanur Village Festival (SVF) yakni pesta seni tahunan yang berlangsung seminggu sekitar bulan July.

 

Pantai Dreamland

Pantai ini terletak di daerah Pecatu, Jimbaran, di bagian selatan, di kaki pulau Bali. Pantai berpasir putih ini adalah salah satu pantai terindah di Bali selain Kuta. Kelebihan dibanding Kuta adalah adanya karang-karang berongga yang menambah keindahan pemandangan. Disamping itu, pantai ini tidak terlalu ramai seperti Kuta sehingga yang lebih suka privasi lebih bagus pergi kesini. Konon katanya disebut Dreamland adalah karena dulu jamannya proyek Pecatu Graha milik Tommy Soeharto adalah proyek impian masyarakat sekitar yang berharap dengan adanya proyek ini bakal menjadi ladang penghasilan selain pariwisata buat masyarakat sekitar. Jika anda berkendara menuju GWK, beberapa kilometer sebelumnya akan ada jalan ke arah kanan menuju pantai impian ini.

 

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu adalah pura yang terletak di pinggir karang terjal dan tinggi di tepi bukit Jimbaran. Berjarak beberapa menit saja dari GWK dan biasanya menjadi objek wisata penutup untuk menikmati sunset. Setiap senja hari  ada tari Kecak yang dipentaskan di areal pura di atas panggung terbuka dengan latar belakang sunset yang menawan. Jika kesini, hati-hati dengan monyet liar yang nakal, karena bisa mengambil kacamata, kamera bahkan topi.

 

Pantai Tanah Lot

Tanah Lot terletak di bagian selatan kabupaten Tabanan, kabupaten yang terkenal sebagai lumbung beras-nya Bali. Berjarak sekitar 6 km dari Tabanan, atau sekitar 15 km dari Denpasar, atau hanya 3 km dari rumah saya, mempunyai view yang sangat khas. Siluet pura yang terletak lepas dari garis pantai dengan latar belakang sunset tropis yang menawan menjadikan Tanah Lot adalah salah satu objek wisata favorit untuk mengabadikan sunset. Merupakan salah satu objek wisata massal paling ramai di Bali dan merupakan pusat kegiatan seni tahunan Tanah Lot Festival yang biasanya diadakan sekitar bulan Agustus.Salah satu hotel terkenal disana adalah BNR (Bakrie Nirwana Resort) dengan lapangan golf-nya berlatar pura Tanah Lot.

 

Kintamani

Objek wisata alam danau yang indah dengan dihiasi gunung Batur yang gersang yang menjulang di tepi danau. Biasanya wisatawan kesini pada pagi hari untuk menikmati sunrise dan kehidupan tepi danau yang bersahaja. Danau Batur juga sangat elok dinikmati dari atas tebing rumah makan ini dan memiliki udara yang sejuk dan sangat terkenal dengan anjing Kintamani. Berjarak sekitar 1 hingga 1.5 jam dari Denpasar.

 

Bedugul

Bedugul adalah tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi karena berudara sejuk. Bedugul sendiri terdiri dari sebuah danau dan sebuah pura yang terletak di tengah danau yang disebut Pura Ulun Danu. Disamping view pura dengan latar belakang danau dan bukit Puncak Mangu, anda juga bisa menikmati wisata danau dengan bersampan mengitari danau atau juga Parasailing menikmati view danau dari ketinggian. Tempat menarik di sekitar Bedugul adalah Kebun Raya Bedugul yang berjarak beberapa menit saja dari danau. Ada pula lapangan golf Bali Handara Kosaido plus hotel-hotel mewah dengan suasana alam pegunungan dan udara sejuk.

 

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

GWK adalah area wisata yang objek utamanya yakni patung Garuda Wisnu Kencana sebagai center point of interest. Namun sejak dibangun hingga kini, patung yang rencananya melebihi tinggi Liberty di USA, hanya baru jadi kepala burung Garuda dan Dewa Wisnu setengah badan tanpa tangan.  Di area lain di komplek yang sama juga terdapat patung tangan Wisnu yang dipajang tersendiri. Yang menarik selain patung GWK adalah dinding-dinding kapur yang “diukir” membentuk balok-balok yang indah seperti ruangan-ruangan tanpa atap menghiasi panggung terbuka di depan kepala Garuda yang sering dijadikan tempat konser. GWK adalah tempat wisata massal kedua paling ramai setelah Tanah Lot. GWK sendiri terletak di daerah bukit Jimbaran sekitar 20 menit berkendara dari Airport Ngurah Rai ke arah selatan.

 

Nusa Dua & Tanjung Benoa

Merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai keindahan dan berbagai olah raga air, mulai dari parasailing, diving, snorkling, banana boat dan olah raga air menarik lainnya. Nusa Dua dikembangkan sebagai BTDC (Bali Tourism Development Centre) sehingga semarak dibangunnya hotel berbintang 5 dan bertaraf internasional, mulai dari Nikko Bali, Westin, Ayodya Resorts, dll. Jika anda memasuki kawasan Nusa Dua maka anda akan disambut oleh pintu gerbang “apit surang” yang indah dengan jalan raya yang bersih dan taman hijau di kanan kiri jalan yang membuat suasana sejuk dan pandangan mata nyaman.

 

Ubud

Ubud sering disebut pusat seninya Bali. Karena disinilah dimulainya dan dipertahankannya seni-seni tradisi bali. Lukisan bercorak khas dan patung bergaya kental Bali adalah salah satu bukti Ubud mempunyai karakter. Sepanjang jalan akan ditemui artshop dan gallery seni bahkan museum-museum seni baik itu milik pribadi maupun pemerintah. Terletak di kabupaten Gianyar dan berjarak sekitar 30-40 menit dari Denpasar.  Ubud juga merupakan salah satu tempat shooting film Eat , Pray and Love yang dibintangi Julia Robert di tahun 2010. Ubud merupakan desa yang menginspirasi setiap seniman yang berkunjung kesana. Di desa ini pula terdapat Monkey Forest yang terletak di tengah-tengah desa yang terdiri dari monyet-monyet liar yang jinak dan bersahabat.

 

Pasar Seni Sukawati

Pasar seni yang satu ini adalah pasar seni tradisional yang menjual pernak-pernik seni mulai dari lukisan, patung, souvenir kecil hingga patung-patung berukuran besar. Karena konsepnya pasar tradisional, maka kita harus pandai-pandai menawar agar dapat harga yang tidak mengecewakan. Pasar Sukawati terletal di kabupaten Gianyar dan berjarak tidak begitu jauh dari Ubud.

 

Goa Lawah

Goa Lawah di terletak di kabupaten Klungkung dengan view pantai dan berlatar belakang Nusa Penida di kejauhan sana. Objek wisata ini terdiri dari sebuah pura dan sebuah Goa dengan banyak kelelawar. Dinamai demikian, sesuai dengan kondisinya yang banyak kelelawar (bahasa bali: Lawah)

 

Taman Ujung

Dikenal juga dengan Water Palace atau istana air ujung atau masyarakat local menyebutnya Taman Soekada. Taman Ujung awalnya dibangun sebagai tempat rekreasi keluarga raja Karangasem disamping sebagai tempat untuk menjamu tamu-tamu kerajaan. Arsitekturnya merupakan perpaduan antara arsitektur Bali dan Eropa dan dirancang oleh raja terakhir Karangasem. Taman terdiri dari kolam yang ditengahnya terdapat beberapa bangunan dengan latar belakang gunung Agung yang megah. Terletak di kabupaten Karangasem berjarak sekitar 85 km ke arah timur dari Airport Ngurah Rai. 

 

Pantai Lovina

Pantai yang terletak di pesisir utara Bali ini adalah pantai berombak landai, berbeda dengan pantai-pantai di daerah selatan Bali yang langsung berhadapapan dengan Samudera Hindia. Terletak di kabupaten Buleleng, kabupaten paling utara Bali. Jika beruntung, di pagi hari kita bisa melihat Dolphin berenang berkejar-kejaran di laut lepas, namun untuk melihat secara jelas, kita harus naik perahu agak ke tengah laut.

 

Jatiluwih

Jatiluwih adalah objek wisata alam berupa sawah yang menghampar luas dan bertingkat-tingkat. Udara yang sejuk dan bersih dengan latar belakang gunung Batukaru, membuat Jatiluwih patut dikunjungi. Jatiluwih sendiri adalah objek favourite fotografer Bali untuk memotret prewedding. Berjarak hanya ½ jam dari Tabanan atau sekitar 1 jam dari Denpasar adalah salah satu objek wisata yang dilindungi UNESCO.

 

Tegallalang

Merupakan hamparan sawah bertingkat mirip Jatiluwih yang terletak di kabupaten seni, Gianyar. Di bagian desanya tumbuh subur kerajinan seni yang dilakoni oleh penduduknya. Menurut sebuah sumber, hanya di Tegallalang terdapat deretan artshop terpanjang, bahkan terpanjang di dunia.

 

Pura Besakih

Pura Besakih adalah pura terbesar di Bali. Letaknya yang di lereng gunung Agung, gunung tertinggi di Bali, menjadikan udaranya sejuk. Pura Besakih terletak 1.5 jam dari Denpasar dan berada di desa Besakih, kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem, kabupaten paling timur Bali.

 

Istana Tampaksiring

Terletak di desa Tampaksiring kabupaten Gianyar, berjarak sekitar 40 menit dari Denpasar. Istana ini adalah istana presiden yang dibangun pemerintahan Soekarno. Di dekat istana terdapat pura Tirta Empul yang di dalamnya terdapat air suci yang menyembul keluar. 

 

Sangeh

Sangeh sangat terkenal dengan wisata monyetnya. Jika anda ingin menengok “saudara” disinilah tempatnya. Berjarak sekitar 20 km di utara Denpasar merupakan sebuah pura dengan hutan yang dihuni sekitar 500 ekor monyet lucu dan jinak.

 

Art Centre & Taman Budaya

Art Centre adalah pusat seni yang terletak di kota Denpasar. Setiap tahun merupakan tempat memusatkan segala kegiatan seni se-Bali yang dikenal dengan Pesta Kesenian Bali, berlangsung sebulan penuh sekitar bulan Juli-Agustus saat musim liburan sekolah.

Joger, Krishna, Erlangga

Joger adalah kaos “pabrik kata-kata” terkenal yang terletak di Kuta dan baru saja membuka cabang di jalan ke arah Bedugul. Siap-siap macet jika di daerah Kuta dan maksimal hanya boleh membeli 15 potong baju, dengan alasan agar orang lain kebagian. Krishna dan Erlangga adalah salah satu toko Swalayan souvenir yang terletak di Denpasar yang menyediakan hampir semua yang tersedia di Pasar Sukawati. Namun tentunya dengan harga yang tidak bisa ditawar. Jika anda tidak berkesempatan ke pasar Sukawati mampirlah ke 2 swalayan souvenir ini, dijamin bakal belanja segunung karena harganya juga sangat layak untuk souvenir buat keluarga, kakek, nekek, bapak, ibu, paman, bibi, tetangga bahkan tukang rumput di rumah anda.

Dan masih banyak lagi objek lainnya: Nusa Lembongan, Tenganan, Tirta Gangga, Gunung Kawi, Taman Ayun, Tulamben, dll. pusing kalo disebutin semua :))
 

Peta Wisata Bali:

http://darmawanku.files.wordpress.com/2008/09/peta-wisata-bali-2008.jpg

 

Photo: Jatiluwih, by: Gede A. Setiawan

No comments: