Thursday, April 30, 2015

Belajar Bahasa Banjar dan Bugis

Dua bahasa yg paling sering terdengar di tempat saya bekerja (Kalimantan Timur) adalah bahasa Banjar dan Bugis. 10 tahun lebih bekerja disini ternyata saya sedikitpun belum bisa berbahasa salah satu dari keduanya. Berikut sedikit catatan mudah2an bisa jadi pengingat.

Bahasa=Banjar=Bugis
Selamat pagi = selamat baisukan = selama ele
Saya mau makan = ulun handak makan = elo kak mandre
Sudah sarapan? = sudah makan lah? = purani mandre?
Mari kita olahraga = ayuk kita olahraga = jo kaki olahraga
Biar badan sehat = biar awak sihat = watakkaleh
Berat badan turun = berat awak turun = no tanekna aleku
Mau kerja apa hari ini? = handak bagawi apa hari ini? = agalomujama essoe
Kapan pulang? = wayah apa bulik = uppammu lisu
Kamu memang hebat = pian kada ada lawannyak = ikosi jagona
Kalo kerja jangan ngantuk = amun bagawi jangan ngantuok = komajjamako aja mucakkaruddu
Biar gak ngantuk dengar musik = biar kada ngantuk dangarkan lagu = de mu cakkarudu mangkalinga elog kelong
Ntar dimarahin bos = kaina disariki bos = matu nagelli bos
Mau nonton film gak? = handak nonton film kadak? = melo ko manontong pelleng ga?
mau kemana = handak kemana = tegayola
Mau kerja dulu = handak bagawi dulu = mendre makjama yolo
Anaknya sudah berapa = anaknya sudah berapa kah = siaga anak ta
Istrinya berapa = bininya berapa = siaga beneta
Kamu kok cantik sekali = pian kanapa bungas banar = magello ladde kiwita
Saya pengen bercinta = ulun handak basakian = melok ka makendro
Kepala saya mau pecah = kepala ulun handak pecah = uluku elo marepak
Mobilnya rusak = Motornya rusak = Masolang ottona

No comments: