Saturday, March 23, 2024

44 Pelajaran Selama 44 Tahun

Tahun 2015 ini usia saya menginjak 35 dan di bawah ini adalah kutipan-kutipan yg sedikit tidak menjadi pedoman atau paling tidak kutipan favorit yg pernah saya temui sejauh hidup ini.
Dan di usia 44 tahun ini saya tambahi 9 pelajaran dari nomor 36 sampai 44. 

1. Hidup bagai naik sepeda tetaplah berjalan agar seimbang. Jika kita merasa nyaman maka sedang turun. Ketidaknyamanan pertanda jalanan sedang menanjak.
2. Hidup itu mudah, tapi manusia membuatnya susah dan ribet. Biaya sekolah tinggi, harga berobat dan rumah sakit selangit, jalanan kian hari kian macet, harga make up membubung tinggi dll.
3. Keep it stupid simple.
4. Jangan mengambil keputusan di saat emosi (marah, sedih, frustasi, bimbang dll).
5. Seberapapun kaya kita harus tetap sederhana.
6. Semua masalah pasti ada solusinya.
7. Hukum fisika kelembaman menyatakan benda yg bergerak akan cenderung bergerak dan benda yg diam akan cenderung diam. Oleh karena itu kadang kita susah sekali memulai sesuatu, namun begitu sudah melakukan kadang lupa untuk berhenti. Tetaplah bergerak, tetaplah berfikir.
8. If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.
9. Lebih baik selesai meski tak sempurna daripada menunggu sempurna tapi tak kunjung selesai.
10. Kebiasaan buruk tidak terjadi dalam semalam. Kebiasaan buruk terbentuk perlahan-lahan dan tanpa disadari berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dan disadari ketika sudah menjadi masalah kronis.
11. Whatever we say whatever we do. People always find something to say. Lakukan dgn benar dan jangan dengarkan orang lain bicara.
12. An optimist sees a glass half full. A pessimist sees it half empty.
13. Kadang kita perlu "Do the common things uncommonly" agar mendapat hasil yg berbeda juga untuk membunuh kebosanan.
14. Untuk melawan rasa takut adalah dengan melakukan apa yg ditakutkan.
15. Kerjakan hal baru pertama kali. Belajar untuk melakukan sesuatu yg belum pernah dilakukan.
16. When we are no longer able to change a situation, we are challenged to change ourselves.
17. "Kadang masalah adalah sahabat terbaikmu. Mereka buatmu jadi lebih kuat, dan buatmu menempatkan Tuhan di sisimu yang paling dekat."
18. "Sukses miliki jejak. Jika ingin sukses, telusuri jejak sukses orang lain. Ia pasti miliki jejak yang bisa ditelusuri dan diadaptasikan."
19. Kepakan sayap kekupu di Amazon bisa membuat tornado di New York. Baik buruk perbuatan di masa kini menentukan kehidupan di masa depan.
20. Dont fix the problem, fix your thinking, then problems will fix themselves. If you can't change the situation, try to change yourself.
21. Be the best, or be the first, or be different or just be yourself.
22. Dalam hidup berlaku hukum pareto 80-20. 80% uang dikuasai oleh hanya 20% orang. 20% hidup kita sebaiknya digunakan untuk mengerjakan 80% hal yg penting.
23. Think big, start small, act now.
24. Motion make emotion. Saat sedih ubah posisi badan, Tegakkan bahu. Busungkan dada. Tegakkan dagu. Tatap ke depan dan tersenyum penuh kemenangan. Tinju udara sambil bilang yes...!!
25. Menerima dan memberi tdk saja soal materi (uang, barang dll). Menerima kritik dan saran, nasehat juga menerima keadaan dan nasib. Memberi pun demikian: memberi saran dan nasehat, memberi perhatian dan memberi pencerahan.
26. Kerjakan apa yg kamu tulis. Tulis apa yg sudah kamu kerjakan.
27. Kesalahan bukanlah kegagalan. Dibalik kesalahan ada pelajaran dan pengalaman berarti yang dapat dijadikan bekal di kemudian hari. Problems is not stop signs. It is guidelines.
28. Pekerjaan tidak akan mengurus anda ketika anda sakit. Teman-teman, pasangan dan orang tua yang akan mendampingi anda.
29. Jangan membandingkan hidup anda dengan orang lain. Anda toh tidak mengetahui perjalanan hidup yang telah dilalui orang tersebut.
30. Proses menciptakan dimulai dgn proses merusak. Kadang utk menerima air yg lbh bnyk kita harus mengosongkan gelas kita.
31. Kita tak akan pernah tau bisa jika belum pernah mencoba.
32. To move to a new level in your life, you must break through your comfort zone and do things that are not comfortable (T. Harv Eker).
33. Kekuatan rantai bukan dari yang terkuat tp yg terlemah.
34. Kita saat ini sama dengan kita lima tahun lalu kecuali dalam hal orang yang kita temui dan buku yang kita baca.
- Charlie "Tremendous" Jones
35. Rasa memiliki kadang muncul ketika kita sdh benar2 kehilangan. Maka dari itu sayangilah keluarga, sahabat, barang dll, sebelum kita benar-benar kehilangan.
36. Dulu ketika muda, aku merasa pintar, aku ingin mengubah dunia. Sekarang saat sudah mulai tua, aku merasa bijaksana, aku malah ingin mengubah diriku sendiri. Di masa depan saat aku mungkin sudah tercerahkan, aku tidak ingin mengubah apa-apa lagi. Semuanya indah apa adanya. 
37. Bahagia bukan menginginkan hal yang belum kita punya. Namun mensyukuri apa-apa yang sudah kita punya. 
38. Menerima apa yang datang, baik dan buruk, gelap terang, siang malam, sebagai suatu hal yang memang saling berpasangan. 
39. Kita bukan kekurangan uang, tapi kebanyakan keinginan. Less expectation more happiness. 
40. Kita tidak tahu seberapa kuat kita, sampai menjadi kuat adalah satu-satunya pilihan. 
41. Ketika aku berat untuk memberi, aku lupa, bahwa semua yang aku miliki adalah juga pemberian. 
42. Jika kita fokus kepada masalah, maka kita akan menderita. Jika fokus pada pelajaran, kita akan bertumbuh. Jadikan setiap masalah adalah pelajaran. Bersyukurlah ketika masalah menimpa kita karena Tuhan memberi kita kesempatan belajar untuk naik kelas. Seperti bambu yang dipotong dan dilubangi sehingga jadi seruling bersuara merdu. Atau kayu yang dipahat dan diamplas menjadi patung indah. Kegelapan bukan musuhnya cahaya. Kegelapan membuat cahaya bersinar makin terang. 
43. Bukan apa yang terjadi denganmu, tapi bagaimana kamu bereaksi terhadap masalah itu yang menentukan kualitasmu. 
44. Jika ada masalah yg tidak bisa diselesaikan, mungkin itu bukan masalah. Tapi bisa jadi kenyataan yang memang harus dihadapi.






No comments: