Monday, August 22, 2011

Santan Turbine Training Tahap III

Ketika tiba di Attaka tanggal 17 Agustus, aku mendapat kabar di email bahwa harus mengikuti Training Turbine Compressor di Santan dari tanggal 20-23 Agustus 2011. Training ini adalah training tahap 3 menyelesaikan modul 3 dan 4 pada Level 1.

Pagi-pagi di hari Sabtu aku dan Rindy berangkat bersama Peacock-3 menuju Santan. Ketemu Sapto di Dock Site yang sudah training 4 hari sebelumnya. Langsung menuju Edelweis 9.2 dan karena training mulai jam 8, maka ada kesempatan sebentar bermalas-malasan.

Hari pertama dimulai dengan dahsyat! Dengan peserta 10 orang, Pak Mardjono yg cerewet mengawali dengan Pneumatic dan Hydraulic Start System. Hari kedua diisi dengan Fire & Gas Detector, disambung Turbotronic Operating Display. Hari ketiga Engine Performance Evaluation. Hari terakhir akan dilanjutkan dengan Performance dan site visit ke TMG Shop dan Compressor Station hari ini.

Karena trainingnya bertempat di main office, maka kadang kesana harus jalan kaki lumayan jauh. Langkah kaki menyusuri jalan setapak, melewati jembatan romantis, lapangan luas dan rindangnya pohon di area penangkaran Payau, membuat jalan kaki setiap pagi, siang dan sore itu menyenangkan.

Yang menarik yg saya temukan di Santan adalah, adanya admin perempuan untuk Santan Maintenance Team. Tugasnya mulai dari bikin permit, print SOP JSA, scan PM checklist, bikin daily report hingga memasukkan TW. Wow hebat! Trus, total team maintenance saja sudah 40-an orang ditambah dengan team SPC 20 orang back to back, dengan personel seperti ini team kita akan kuat. Attaka kapan bisa meniru kayak gini. If there is a will, there is away begitu kata Bung Karno.

Tinggal di Santan selama 4 hari ini membuat badan pegal-pegal, barangkali berat badan saya bertambah beberapa point. Sepertinya "kehidupan" di Santan menjanjikan nilai kemanusiaan yg lebih berarti. Dibandingkan Attaka yg terlalu berfokus pada kerja.

Dari hasil ngobrol ngalor-ngidul, jam 6 sore Maintenance Santan sudah menyelesaikan kegiatan yg berhubungan dengan pekerjaan hari itu. Sebelum jam 6 sudah dilakukan planning for tomorrow dan menyiapkan work permit untuk hari esok. What a great team.

Edelweis 23.08.11 07.23

No comments: