Thursday, August 08, 2013

Sharing Day di Pandak Gede

Sudah sejak lama saya pengen bikin sharing day di kampung saya. Saya prihatin dengan anak-anak kecil di kampung tak ada sarana bermain, apalagi menyalurkan bakat dan berekspresi sesuai hobby. Setidaknya saya ingin memulai dari diri saya dulu, saya ingin sharing seputar keahlian dari hobby yang saya punyai. Pertama mungkin saya ingin sharing tentang dasar-dasar bermain gitar, piano, dan beberapa alat musik lainnya. Mungkin sedikit juga sharing soal bahasa inggris, cara belajar yg baik dan efektif. Lalu lanjut tentang fotografi atau bahkan menggambar.

Karena berbagai kesibukan, akhirnya itu hanya sebatas rencana. Belum bisa terlaksana. Yang paling mungkin saya lakukan adalah sebagai EO saja. Saya akan mencari orang yg mau sharing kepada anak-anak SD-SMP. Pertama saya akan memilih kursus tari Bali gratis. Saya akan mencoba kerjasama dengan Kelihan Adat dan Dines untuk ijin menggunakan bale banjar untuk latihan. Saya akan mencari penari Bali yg mau mengajar menari dengan honor sederhana dari saya sendiri, syukur-syukur dia mau gratis. Siswanya akan dibatasi 10 atau 20 orang saja. Seminggu sekali atau 2 kali biar tidak terlalu mengganggu belajar sekolah. Tujuan mulianya adalah melestarikan budaya Bali khususnya tari Bali. Syukur-syukur selanjutnya bisa mengkoordinir untuk mengajar gamelan Bali untuk anak-anak desa. Tujuan lain adalah merangsang otak kanan anak-anak kampung sekitar rumah.

Langkah kedua adalah menawarkan kepada orang-orang tua di sekitar rumah/banjar yang berminat ikut latihan tari Bali. Diutamakan anak-anak
SD kelas 5-6 dan SMP 1,2,3. Semoga tujuan mulia ini bisa terlaksana off ini dan mendapat dukungan dari banyak pihak. Astungkara.

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: