Thursday, April 30, 2015

Raja-raja Bali

Sebelum Bali dikuasai Majapahit, Bali diperintah oleh raja2 dari dinasti Warmadewa (877-889M). Kemudian dilanjutkan dgn Raja Udayana dgn permaisuri Mahendradatta. Salah satu anak Raja Udayana yaitu Airlangga kemudian menjadi raja di Medang Kemulan/Kahuripan (Jatim). Salah satu keturunan Udayana, Anak Wungsu, adalah salah satu raja Bali yg membawa Bali pada kemakmuran dan memerintah sekitar 28 tahun. Selanjutnya Bali diperintah Walaprabu dan Jayapangus (1177-1181M). Raja terakhir Bali Bathara Parameswara sblm Bali diserang Singasari (1282). Bali kemudian diperintah oleh Arya dan Mpu dari Singasari.

Setelah Singasari runtuh, Bali kembali Mandiri namun kemudian ditaklukan lagi oleh Majapahit, menunjuk raja dari Bali yaitu I Gusti Agung Pasek Gelgel dilanjutkan raja dari jawa Sri Kresna Kepakisan dgn patih dari bali yakni Arya Kepakisan (1343-1373)

Jika merunut ke belakang, maka ternyata istri saya masih keturunan Sri Nararya Kresna Kepakisan, raja Bali yg berasal dari Jawa. Setidaknya dalam darah anak saya mengalir darah raja Bali.

No comments: