Wednesday, March 08, 2017

Off Februari dan Maret 2017

Off 23 Feb - 8 Mar 2017

"You may not find what you are looking for, but you find something else equally important."

Off kali ini terpaksa menginap di Surabaya karena Kamis malam itu tak kebagian seat ke Denpasar. Aku menginap di sebuah losmen murah di jalan bypass Juanda, kemudian esoknya naik Citilink paling pagi ke Denpasar. Diantar jemput pak Asmadi, tukang ojek bandara langgananku.

Jumat pagi, tiba di Pandak dengan gojek dan langsung bisa jemput Nana Citta ke Sekolah. Hari itu cuaca cerah sekali. Langit biru dan aku mendapat kabar jika move on akan berlangsung April. Kita tunggu kabar resminya. Hari Sabtu keesokan harinya upacara medatengan di pura Ciwa. Pagi-pagi kami ngayah dan jam 12 upacara dimulai. Sorenya menyempatkan ke jero setelah kompyang meninggal. Hari Minggu kami jalan2 menuju selatan: BW dan GL. Senin sampai Sabtu Nana libur karena kelas 6 SD ada pemantapan. Senin gek Muni dan Didi main ke Pandak. Sorenya mau imunisasi campak gak jadi karena tidak ada jadwal. Hari Selasa, setelah anter Citta ke sekolah, aku ke Polres Tabanan utk memperpanjang SIM. Siangnya anter deba renang di Pamper Bee. Lanjut ke Taman Janggan Renon dan beli Siomay, kemudian ke matahari dan gramedia, Nana Citta pengen beli buku "Kenapa Ya?" semacam ensiklopedia.

Hari Rabu Citta libur karena hari itu adalah hari pertama puasa umat Katholik, jadi bisa ngopin setengah hari di rumah Blakas dan akhirnya bisa anter deba imunisasi di klinik Wijayakusuma milik dokter Suwija. Kamis Citta sekolah normal, bikin stiker DEEPWATER, belanja bulanan di Hardys dan gek Muni ke Pandak lagi.

Hari Jumat aku ulang tahun. Ibu memesankan segepok kue ultah. Tiup lilin sederhana di rumah, lanjut ke Gale dan makan siang di Mang Engking. Pagi itu ada monyet masuk rumah. Monyet sedang heboh masuk kampung karena konon "rumahnya" disulap jadi villa. Sore itu mendapat kabar jika istri Dek Edi meninggal dunia. Sabtu masih bisa anter sekolah dan sedikit ngopin di rumah bedangin. Minggu karena tidak ada kegiatan, kami antar Citta ikut lomba mewarnai untuk pertama kali di Lippo Plaza Sunset Road. Meskipun tidak juara, yang penting happy.

Senin 6 Maret 2017 seperti biasa antar jemput anak2 sekolah sekalian beli teflon dan meja belajar. Siangnya ngeringkes jumah bedangin dan sempat ngorta sama blidek mangku. Malamnya sekitar jam 22.30 mek mangku dikabarkan meninggal dunia karena menderita tekanan darah tinggi. Selasa adalah puncaknya upacara Ngaben mbak Emy. Upacara dipuput sri bhagawan Pandak dan ngerarung ke beji aseman. Upacara selesai jam 14.30. Konon total biaya adalah 8 jt utk banten, 4 jt utk wadah dan gong, 6 jt utk eteh-eteh dan konsumsi. Sorenya menyempatkan mejenukan di rumah Mangku dan infonya Ngaben hari jumat 10 Maret 2017.

Hari Rabu seperti biasa aku berangkat ke Balikpapan naik Lion via Makassar. Diantar istriku sampai Kerobokan. Cuaca di udara masih mendung namun hanya sedikit guncangan. Tiba di Balikpapan on time. Citta hari itu libur dan Nana yg hari itu ulangan Bahasa Bali dijemput Wayah. Malam ini aku menginap di Whiz. Besok perjalanan panjang yg melelahkan. Mungkin ini adalah last trip, who knows.