Sunday, August 26, 2018

Gempa, Musibah atau Anugrah?

Apakah gempa adalah salah satu kesalahan Tuhan dlm menciptakan bumi?

Pulau Lombok bagian utara diseruduk lempeng Flores saat gempa kemaren. Jadinya daratan atau pantai utara Lombok terdongkrak 40 cm. Sementara di sisi lain, ternyata pantai bagian selatan Jawa dan Bali diseruduk oleh lempeng Australia. Jadilah pantai-pantai selatan ini lebih terjal dan berkapur. Karena daratan ini sebenarnya dasar laut yang terdongkrak sehingga kontur tanahnya mirip batu karang. Konon fenomena ini berlangsung selama jutaan tahun lamanya. 

Bagi sebagian orang bencana adalah musibah. Namun dalam hal ini lain cerita untuk Bali. Kini daerah selatan Bali ini menjadi objek wisata paling top di Bali. Efek lainnya pantai-pantai sekitar kaki pulau Bali jadi pantai indah dengan pasir berwarna putih. Terlihat di pantai Kuta, Sanur hingga Nusa Dua. 

Ada perbedaan pantai timur dan barat ini yaitu pantai bagian barat pasir putihnya lebih halus. Sedangkan bagian timur butirnya lebih besar. Karena pantai barat debur ombaknya lebih ganas dibanding bagian timur karena terhalang Nusa Penida yang membuat ombak lebih landai. 

Semakin keras ujian kehidupan, semakin halus jiwanya.

Jadi, bagaimana menurut kamu. Apakah gempa adalah kesalahan Tuhan merancang bumi? Atau gempa adalah anugerah yang berujung indah?




No comments: