Tuesday, July 09, 2024

Perjalanan Pulang 22,5 Jam

Delay 6,5 Jam di Juanda

Perjalanan kali ini sedikit agak menantang. Pasalnya kalo ditotal kurang lebih 22,5 jam lamanya di jalan. Mulai dari Attaka  jam 2 dini hari di tanggal 3 Juli, finish jam 00.30 dini hari di tanggal 4 Juli. Ediaaannn...

Karena kondisi low tide, jam 1 lewat tengah malam kami harud sudah bangun, kapal berangkat jam 2 menuju Tanjung Santan. Jam 7 pagi bis mengantarkan kami menuju Bandara APT Pranoto di Samarinda. Jam 11.00 Citilink terbang on time menuju Surabaya. Ketika mendarat 11.30 wib, Lion Air mengirimkan WA perubahan jadwal penerbangan Surabaya-Denpasar yg semula jam 15.00 wib menjadi 16.20 wib. 

Tak lama kemudian, Lion Air mengirimkan WA lagi mundur ke jam 18.20 tanpa kita tahu sebab musababnya. Aku memilih tiduran di hotel transit bandara selama 4 jam. Setelah menunggu sekitar 7 jam di Juanda, ada berita mundur lagi ke jam 20.20. Aku pun memilih rebahan di kursi-kursi bandara. 

Jam 21.00 wib panggilan boarding dimulai, dan sekitar 21.30 wib kami take off menuju Bali dan landing jam 23.15 wita. Setelah memesan Gocar, jam 00.30 wita aku tiba di rumah dengan selamat. 

Jadi, Lion Air total delay-nya 6,5 jam. Jika ngikut aturan, seharusnya Lion Air ngasi kompensasi 300rb karena delay lebih dari 4 jam. Jam 21.00 mereka baru ngasi makanan dan saya memilih tidak mengambil karena sudah wareg haha. Tapi bagi kami rakyat jelata, sampai di rumah dengan selamat saja udah seneng, sampai lupa menuntut kompensasi ini-itu. 

Yang tersenyum senang dengan delay lama seperti ini tentu saja gerai makanan bandara, executive lounge, pengusaha roti O, pengusaha kursi pijat di ruang tunggu, pemilik hotel transhit bandara, para tukang pijat refleksi di gate 9, hingga pengusaha catering karena makanannya dipesan hampir semua maskapai yg delay. 

Ya setidaknya anak-anak pegawai pijat refleksi, anak-anak pegawai catering, anak-anak pegawai hotel transit dan anak-anak lainnya jadi bisa beli buku tulis kosong yg lebih bagus buat tahun ajaran baru, karena (mungkin) pemilik usaha bapaknya memberikan bonus berlebih dari keuntungan penjualannya yg meningkat malam ini. 

What a wonderfool journey!!!




No comments: