Thursday, March 11, 2010

SIP 9 Maret 2010 di Santan

Ketika aku ON duty 2 Maret 2010, lalu melihat email keesokan harinya, ternyata aku termasuk dalam peserta test SIP tahun ini. Begitu mendadak, ada apakah gerangan? Aku tak tahu, aku ikuti saja dan konon ini adalah syarat untuk kenaikan salary grade tahun depan. Aku mencari bahan sana-sini lalu belajar setiap hari, setiap ada waktu, sekenanya saja. Karena hanya seminggu waktu tersisa.

Lalu, pagi-pagi di hari Selasa tanggal 9 Maret jam 6 pagi kami tiba di Santan dari Attaka. Ombak yang membuat kapal hampir terjungkal mengantarkan kami pada suara kicau burung yang menyambut di Santan terminal. Suara deru kapal mengantarkan kami untuk meninggalkan sejenak dentuman suara mesin turbin.

Ah, leganya rasanya menginjak daratan. Sinar matahari menembus pepohonan, disambut kicauan burung, hembusan angin lembut menerpa wajahku yang mengingatkan aku pada ibu. Jam 8 tepat kami berkumpul di bekas Mess Hall dan menerima briefing untuk ujian tulis dan ujian wawancara nanti. Akhirnya jam 9 ujian tulis baru mulai untuk 2 jam ke depan. Di depanku Arif, samping kiriku Pak Prayit, di belakangku Teguh. Kolaborasii yang mempesona, namun kacau balau.

Tes wawancara dilanjutkan sehabis makan dan istirahat siang. Test untuk group ku hanya 3 orang yang dilakukan di Process Area. Disana ketemu Hanif, teman 1 angkatan dan teman satu kamarku di Cepu. Tes wawancara hanya berlangsung tak lebih dari 1 jam dan kami kembali ke Mess Hall sore itu pula. Group yang lain masih melanjutkan test wawancara. Lalu setelah selesai semua, kami berangkat kembali ke Attaka dengan Express 8. Yang off, langsung pulang bersama Pak Kristopher yang membawa mobil pribadi ke Balikpapan. Malam itu di kapal bersenda gurau dan tertawa riuh. Ketika kapal sudah lepas dari kanal, kapal disambut ombak dan terombang-ambing membuat isi perut mau keluar. Keringat dingin membasahi kening dan waktu 1.5 jam terasa 1.5 tahun. Tapi sekitar jam 9 kami tiba dengan selamat di Attaka. Semoga test SIP kali ini membawa dan memberikan yang terbaik untukku dan kami semua.

No comments: