Wednesday, September 14, 2011

Dua Bulan Menjelang Dua Tahun

Dua bulan menjelang dua tahun, Dik Nana semakin bawel. Makin banyak kosa kata yg ia ucapkan, makin panjang kalimat yg bisa ia rangkai. Ia juga sudah bisa mengenali warna-warna. Ia bisa berhitung dari 1 hingga 10. Ia telah bisa menirukan ABC hingga Z meskipun masih sekedar meniru. Huruf favoritnya O dan Q, juga K karena K adalah Kucing, boneka binatang kesayangannya, yg diberi nama Lulu oleh ibunya. Selain Lulu ia punya boneka Angry Bird, boneka anjing dan Shaun the Sheep. Pokoknya asyik, meskipun kadang bikin sewot, capek dan sebel, tapi tetep asyik dan bikin kangen.

Karena bicaranya sudah banyak, maka apa yg ia ucapkan harus kita balas dengan segera. Jika tidak, maka ia akan terus mengulang kalimatnya hingga kita menyahut. Disamping bicara, Dik Nana juga semakin lincah dan gesit. Mulai dari muter-muter sendiri hingga naik turun meja dan kursi. Yang paling bikin sewot adalah kini ia susah sekali diajak mandi. Namun ketika sudah mandi, susah juga diajak berhenti. Ia suka main air siram semprot dengan semprotan kloset. Jika mandi sudah selesai, giliran dipakaiin baju yg susah. Ia bakal meronta seperti "lindung uyahin" ketika hendak kita pakein baju. Pokoknya bikin gila. Kata yg keluar, "Ga ga gu gu gi gi ga ga..." The Trouble 2 Years just began.

Dalam usia ini pula dik Nana memiliki nafsu makan yg menurun, kadang ia hanya makan beberapa suap. Ia lebih doyan kue-kue kering atau basah dan kerupuk. Ia lebih doyan Yuppi atau es krim merk apa saja, yg penting es krim. Karena makannya sedikit susah, berat badannya tidak banyak mengalami kenaikkan, masih di sekitar angka 11 kg. Sedangkan tinggi dik Nana di usia yg ke-22 bulan ini mencapai 86.5 cm. Naik 1.5 ~ 2 cm tiap bulan.

Menjelang dua tahun ini, ia juga sudah fasih mengucapkan namanya, nama bapak dan juga nama ibunya, meskipun lafalnya masih kurang sempurna. Ia sudah bisa memilih baju favorit. Kadang-kadang Dik Nana menolak dipakaiin baju warna ini, dan justru memilih baju satunya.

Dua bulan lagi ia akan berbagi sayang dengan adiknya yg diprediksi dokter mewarisi kecantikan ibunya. Dik Nana akan jadi Kakak Rana dan adik bayi akan mengenakan baju-baju peninggalan Kak Rana. Semoga setiap senyumnya adalah kebahagiaan bagi kami, semoga setiap tangisnya adalah motivasi bagi kami, semoga setiap langkah kakinya adalah jalan petunjuk buat kami agar selalu sayang sama kak Rana dan adik-adikmu kelak.

No comments: