Tuesday, November 06, 2012

Cerita Bisnis dari Mas Joko

Hari ini saya satu tempat duduk dgn mas Joko di bis menuju Santan. Ternyata perjalanan hidupnya penuh inspirasi. Sebelum masuk Unocal dulu ia adalah wirausahawan ulet yg sudah sukses seputar Balikpapan dan Makazzar.

Ia mengawali usaha kursus komputer di Makazzar dan akhirnya berlanjut ke usaha jual beli dan reparasi komputer. Pada awalnya dulu ia adalah pemain tunggal di Balikpapan karena masa itu yg mengerti komputer masih sedikit. Ia juga nyambi jadi petani kangkung dan menjualnya di Kebun Sayur setiap subuh. Saat selepas maghrib ia keliling kota sebagai tukang ojek. Ulet sekali mas Joko.

Akhirnya ia ditawari menjadi tenaga IT di Unocal masih sbg kontraktor. Kemudian karena kedekatan dengan Superintendent orang Thailand, ia dipromosikan masuk TMG menjadi employee tetap.

Kini ia tinggal di Malang dan memiliki beberapa usaha yakni warnet dengan 15 komputer, rental 2 unit mobil dan kos-kosan 6 kamar. Ia juga pernah beternak lele dan budidaya jamur tiram. Kini ia sedang belajar bisnis sarang walet dan properti. Pokoknya ceritanya pagi ini cukup menggugah saya untuk segera berwirausaha. Ia mempunyai prinsip yg terdengar klise tapi ampuh: "Orang lain bisa, pasti saya bisa!"

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: