Tuesday, November 05, 2013

Hobi Seni

Desain, ah, entahlah, kenapa saya suka. Sejak dulu kok tertarik desain ya. Atau orang banyak bilang seni. Sebenarnya aku gak jago-jago banget, hanya suka saja. Jika dirunut lebih jauh ke belakang, ternyata sejak dulu aku memang suka hal berbau seni.

Sejak SD aku memang suka menggambar. Pernah mewakili sekolah lomba menggambar se-SD di kampung. Tapi nggak jelas siapa yg juara. Kemudian lanjut SMP tetap suka menggambar, sekali lagi, meskipun jauh dari yg namanya pintar. SMA hingga kuliah juga tetap suka, hanya sebatas suka. Mungkin hanya sebatas bakat, bakat alam. Harusnya dulu bapak melihat bakat ini, lalu diasah hingga jadi lebih hebat. Tapi ya gitu, keadaan ortu yg tidak kaya, bisa makan aja udah syukur. Boro-boro mau mengembangkan bakat.

Tapi di setiap bidang yg saya geluti, saya selalu lebih tertarik dari sudut desainnya, misalnya dulu waktu belajar elektronika ketika SMP dan SMA, saya sangat menikmati menggambar rangkaian ketika merancang PCB. Ketika belajar web master juga begitu suka web desainnya, mendesain tampilan web hingga membuat grafis-grafisnya. Yang akhirnya mengantarkanku mengenal Photoshop ketika kuliah. Akhirnya jadi begitu tertarik pada fotografi sejak bekerja, sejak bisa mencari duit sendiri buat beli kamera. Hobi fotografi juga sebenarnya muncul sejak SMP, saya sangat suka mengambil gambar-gambar dengan kamera poket film. Ketika itu penasaran dengan hasil kamera poket kok tidak sehebat foto-foto pemandangan di majalah. Ternyata, kemudian saya tahu foto-foto landscape hebat itu dihasilkan dengan lensa wide/super wide yg memberikan distorsi yg khas.

Ketika SMP saya disuruh jadi tukang foto pada setiap kegiatan sekolah. Kamera poket dipercayakan pada saya. Malah sering saya bawa pulang. Ketika SMA pula kok bisanya disuruh jadi tukang foto juga. Padahal dari segi teknik fotografi saya nol besar.

Kini, sekian tahun bekerja, beberapa teman malah sering meminta tolong membuatkan desain. Mulai dari desain tally book, log book, hingga desain kaos, logo perusahan hingga mendesain background panggung di beberapa acara. Apakah ini artinya saya itu sebenarnya berbakat seni? Apakah ini hanya hobi? Ya sudah, nikmati saja, mengalir saja seperti air. Berhembus saja laksana angin. Menggelinding saja seperti bumi mengelilingi matahari. Titik.

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: