Monday, January 15, 2018

12 Hal Favorit Tahun 2017

Website: belkedamaian.org, govindvashdev.com

Wisata: liburan dan menginap di Singaraja membawa nuansa baru. Hidup terasa lebih tenang dan damai di sana. 

Buku: Mau Seumur Hidup Minum Obat menyadarkan saya bahwa penyakit bisa disembuhkan dengan metode timur tanpa obat, dengan puasa dan mengurangi makanan. Buku Happiness Inside menyadarkan saya bahwa hidup tidak hanya mengejar, mencengkram namun juga melepaskan dan merelakan. Buku ini pula membuat saya "menemukan" kembali Gede Prama. 

Quote: Yesterday I am clever so I want to change the world. Now I am wise so I want to change my self. Quote ini menjadi milestone saya untuk mulai belajar ke dalam, belajar spiritual. 

Penulis: Rhenald Kasali selalu membuka wawasan saya tentang perubahan dan disruption. 

Tokoh: Gede Prama menyadarkan saya bahwa meditasi bisa menyembuhkan dan membuat saya makin percaya dengan agama yang saya anut. Govind Vashdev membuat saya bertemu kembali Guruji. Roni Yuzirman selalu menginspirasi hidup saya dengan tulisan ringannya dan hobby yang ia share di Instagram. 

Gaya hidup: minimalis. Ini yang membuat saya sadar terlalu banyak barang yg saya miliki. Harus ada yg dibuang dan mengurangi konsumtif. Diet rendah carbo membuat berat badan turun 8 kg dan hidup terasa lebih ringan. Stop ngopi membuat saya tidak sesak nafas lagi sekaligus mengurangi kalori masuk dari gulanya. 

Olahraga: Yoga. Saya menemukan berbagai efek positif dari yoga terutama untuk kebugaran dan kesehata. Apalagi banyak tokoh yg kualitas hidupnya lebih baik setelah yoga. Seperti Anjasmara. 

Spiritual: Meditasi. Berawal dari Reza Gunawan lalu belajar langsung dengan Gede Prama. 

Pelajaran Hidup: jangan menjalanu hidup melebihi kemampuan. Kurangi keinginan dan nikmati dan terima apa yang sudah dimiliki apa adanya.  

Musisi: Payung Teduh dan Tulus. Mendengarkan lagu-lagu mereka membuat saya tenang dan nyaman. 

Aplikasi: Snaptube, Gojek. Snaptube merubah pengalaman download lagu sehingga menambah hiburan. Gojek dengan Gocarnya membuat biaya transportasi saya lebih murah.

No comments: