Tuesday, January 23, 2018

Attaka Trip 11 - Start Stronger

10-23 Jan 2018

"Jangan mencari kesempurnaan tapi sempurnakan yang sudah ada"

Siang itu panas, langit biru dengan sedikit awan, ombak cukup bergejolak bergerombol lalu pecah di ujung buih putih, sebuah perahu nelayan berseliweran mengelilingi Juliet. Kami sedang function test untuk memastikan safety device terpasang dan berfungsi. Tengah hari kami pulang dengan senang.

Hari berikutnya kami mengunjungi platform di timur jauh untuk 8000h C2. Proses pekerjaan berlanjut hingga jam 1.30 malam. Sungguh melelahkan. Di suatu sore aku bersama Ganz mengunjungi Foxtrot karena VSD ogah jalan. Aku menemukan kembali spot foto sunset jaman old. Mengesankan bisa kembali. Di kesempatan lain kami memastikan proses Oscar Slug Catcher berfungsi untuk mengontrol pompa berjalan dengan mulus. Dua ekor ikan berukuran sangat besar diangkat oleh seorang kawan, 7 dan 15 kg. Di kesempatan lain kami function test FS dengan kilat. Jam 10 kami on the way to LQ. Luar biasa.

Mensupport project kabel high voltage cable di Hotel. Team Fire Security melakukan coating dengan 3 lapisan: perban, ram kawat dan isolasi 3M pada setiap lapisan coating semacam semen yang disapukan kuas.

Pada 20 Januari kami soaking compressor 303B sekaligus borescope engine. Detwash tak jadi dilakukan untuk crack yg semakin parah. Engine dirunning dengan maksimal T5 1260F sembari menunggu mantan MC100 yang masih dioverhaul di US.

Kunjungan orang nomor 1 di KLO melakukan verification and validation menyisakan segudang pertanyaan mengenai EOC. Jawaban masih belum ada yg pasti. Beberapa orang diwawancari dengan penuh nafsu OTT.

Makan malam ikan masakan Mulyadi di belakang A3 mengantarkan pada keputusan miris tidak boleh pulang Selasa malam. Syukuran 60 hari tanpa shutdown untuk Attaka dan 30 hari utk NIB dilakukan sehari menjelang pulang. Bikin cajon dan nyanyi main gitar juga karaoke sama Yusrani. Bubu dibuat untuk hiburan makan ikan tiap hari minggu. Masih on progress. Tak sempat olahraga, berat badan naik ke 80 kg lagi. Makan seperti biasa tak ada diet dan aku tidak ada vertigo lagi. Sepertinya dugaan diet yg berlebihan membuat vertigo benar.

Pagi ini kami pulang lewat Bontang. Menuju Surabaya untuk menginap lagi semalam di Walan. Semoga perjalanan lancar dan selamat tiba di tujuan. Astungkara.