Thursday, February 22, 2018

Attaka Trip 12-Trafo, Water Tank & Townhall

7-20 Feb 2018

"Money never changes a man. It reveals his real character"

Pagi-pagi ketika mentari belum menampakkan diri. Gemericik air hujan membasahi koridor depan living quarter A3, berpadu dengan gemericik air dingin kamar mandi. Mengguyur badanku yg menggigil. Sudah hampir dua minggu tanki air tawar LQ diperbaiki karena bocor. Team Bukaka bekerja keras dan cepat agar pengairan kembali normal. Air tawar sementara mengambil langsung dari Production. Dengan memasang VSD pada fresh water pump  yg disetting maksimal 70 psig. Kamar yg dingin, air mandi yang dingin dan hembusan angin laut basah karena hujan adalah kombinasi kompak pembuat flu. Suaraku serak dan sedikit batuk. 

Di sisi lain LQ masih bergemuruh dengan suara emergency generator dan portable generator pasalnya trafo menuju LQ short dan progress diganti. Team maintenance dibuat sibuk dan memutar otak merangkai puzzle di awal 2018 ini. 

Diujung sana crane di platform kembar bermasalah. Ia berdiri melebihi derajat yang diijinkan. Sungguh mengerikan jika crane jatuh lalu memakan korban. Untung. Beruntung. Lucky. 

Pada minggu kedua Februari kami mengunjungi Serang untuk mini turn around. Project berjalan lancar online sekali pencet. World class banget deh. Sehabis TA juragan tinggi IBU pak Chuck berencana datang mengunjungi Attaka namun tak jadi entah karena apa. 

Townhall dilakukan live from Pasir Ridge dan seminggu kemudian engagement IBU CT persiapan EOC yang mengharu biru. Pak Albert menjelaskan timeline dan menjawab pertanyaan dengan lugas. Dua minggu ini berlalu tanpa olahraga karena aktivitas sehari-hari sudah membuat kaki pegal jalan kesana kemari. Berat jadi naik ke hampir angka 82 kg. Diet pun tak jalan. Bahkan pesta ikan malam di koridor belakang membuat selera makan jadi tinggi haha.

Suatu sore saat pergantian hari semakin dekat. Terdengar suara benda keras bertumbukan disusul teriakan seorang dengan nada panik. Kapal menabrak CP karena hilang kendali. Syukur tidak ada efek buruk apalagi shutdown. Hanya 2 kabel transmitter yang putus dan 1 lampu pecah. 

Hanya sempat mengunjungi Delta function test, Lima gross PSHH error dan Foxtrot. Di pagi yang cerah ketika kami baru tiba dan sedang persiapan bekerja. Fs mati karena fusible loop. Disusul dengan VLP Compressor tak mau running karena vibration. Pawangnya didatangkan dari balik terminal. Oh sungguh sayang produksi jadi turun menyedihkan. 

Di sela aktivitas yang membuat kaki pegal, badan kaku dan pinggang seperti mau copot. Aku coba merekam karaoke teman-teman dengan audacity kemudian dijadikan mp3. Mereka senang bukan main. Setidaknya ada kenang-kenangan buat kita semua. 

Di saat yang lain aku ada ide membuat video tentang om Erik. Skenarionya ia jadi penolong di setiap kesulitan kawan-kawan. Kami juga sedang merancang jacket dan polo shirt untuk kenang-kenangan menjelang EOC. Aku juga sudah membuat 4 kaos di kharisman. Rencana untuk hadiah kawan2 yang membuatkan cajon. 

Suatu pagi menjelang coffee time di ujung hari mau off. Tiba-tiba ada suara alarm man overboard. Para pekerja berhamburan keluar ruangan lalu menengok ke arah laut jikalau benar ada yang jatuh ke laut. Ternyata tombol panic alarm ditabrak keranjang yang sedang diangkat crane. 

On duty yang seru. Banyak kejutan-kejutan yang membuat hari2 berlalu dengan cepat. Semoga kami selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan menjelang EOC ini. Mulai hari ini aku akan memulai diet lagi dan menargetkan turun 2kg off ini. Astungkara. 

Trip:
ATK STN 06.00-07.30
STN SMD 07.30-10.00
SMD BPN 11.00-14.00


No comments: