Wednesday, May 08, 2019

Pemilu, Karya Agung dan Citta Jatuh

"Kebanyakan orang tidak mau menjadi bagian dari proses kita, kebanyakan hanya mau menjadi bagian dari hasilnya saja."

Off 16-29 April
Off kalo ini pulang lebih awal dalam rangka pemilu, mencoba pertama kali lewat bandara Samarinda naik Lion jam 13.30 menuju Surabaya. Lalu pindah ke terminal 2 nyambung ke Bali dengan Garuda. Tiket lagi mahal karena long weekend, 2 jt total hingga Bali. Pulang ke Pandak naik gocar dan tiba sekitar jam 8 malam. Istri dan anak-anak menyambut dengan hangat. 

Esoknya Rabu 17 April 2019 mencoblos di bale banjar. Lalu agak siang menyempatkan diri ke pura persiapan Karya Agung.  Kamis pagi ngayah ke pura, siangnya ke Tabanan beli kaos berkerah. Buku Milenial Kill Everything dan wak doyok sudah diterima. 

Jumat ngayah lagi ke pura dan acara ke beji. Sabtu 20 April 2019 Saniscara Kliwon Wayang, pagi mendak tirta dari kahyangan sami. Rame banget. Malamnya puncak karya. Ada bondres dan dipuput oleh Ida Pedanda dari Pandak. Upacara puput jam 12 lanjut prosesi tapa hingga jam 3 subuh. Karya nyejer 12 hari.

Esoknya hari Minggu 21 April dimulai dengan tapa lunga ke beji Uma Lebah, Kebon. Paktut Garing nunas pewintenan. Aku dan Tiwik bertugas ngiringang tapa. Ke Tabanan anter ibu dan sorenya odalan di jumah bedangin. Odalan di Yang Putus di pura tidak dilakukan. Selasa 22 April ibu yang ngiring ke beji Uma Lebah. Malamnya ke pura nengok tapa. Rabu 23 April beji Kebon, siangnya ke BW dan malamnya Ngayapang tapa pertama. 

Kamis 24 April aku ngiring ke Beji Aseman. Bikin rumah-rumahan tugas rumah Nana. 25 April aku dan ibu yang ngiring bareng ke beji Lan Sanje, disamping Aseman. Siangnya ukur kanopi kos Tabanan, makan sore di bebek Lapas dan lanjut jemput Nana yang main sejak pagi di rumah Caca. Kamis malam Citta jatuh dari kasur, siku kirinya sakit. Jumat 26 April ngiring bareng ke beji Pekendungan dan pura-pura semua sampai jam 3 sore. Anak-anak hanya sampai jam 11 saja. Sabtu ngiring sama ibu beji pura puseh beraban. Siangnya ke dokter ronsen tangan Citta, agak retak sedikit di ujung siku. Tapi tidak masalah, akan sembuh sendiri dalam 2 mingguan. Sore bayar dp kanopi 5 juta. 

Minggu 28 April ngiring ke beji telepud pura dalem Beraban. Aku naik motor dan naikkan drone. Viewnya indah sekali. Siangnya kami menuju Gomerot Gatsu untuk makan siang, beli mainan stroller di Canggu. 

Senin 29 April aku berangkat ke Balikpapan naik Citilink. Ibu anter aku sampe bali budha dan malamnya menginap di esai. Naik bayar utang 1 hari lebih awal. 

Off ini pula aku beli buku puisi karya Helvy Tiana Rosa untuk ikut lomba musikalisasi puisi. Baru dapat 3 lagu. 

Semoga perjalanan ini mendapat berkah dan astungkara tetap sehat dan bahagia. 




1 comment:

Panji Sekar Langit said...

Upacara Mendak Tirta :
1. Pura Pekendungan
2. Pura Tanah Lot
3. Pura Dangin Sawen
4. Pura Tri Kahyangan
5. Pura Lemendek
6. Pura Gresik
7. Pura Pekendungan Tengah
8. Pura Gede Penataran
9. Pura Luhur Batukaru
ngelantur Nagingin Sekar Gayah ke sanggera Para Sutri sami

Ngilenang Kalayas, kalaning sami jagi nunas Pewintenan


Susunan acara mulai pagi niki. Dumogi memargi antar.
Ngiring berbagi senyuman kepada siapa saja yg dijumpai hari ini. Ngiring membuat suasana upacara Karya Agung puniki menjadi lebih segar karena senyuman ditebar dimana-mana. Karena senyuman adalah perlambang hati yg indah.


Acara dina mangkin, Jumat 26 April 2019:

Berangkat jam 09.00. Pemedek sampun berkumpul ring Pura Çiwa jam 08.00 WITA.
Ngiring Para Tapa sami lunga ke Beji Pura Pekendungan ngelantur Ngunya ring :
1. Pura Pekendungan
2. Pura Tanah Lot
3. Dalem
4. Desa
5. Dangin Sawen
6. Pekendungan Tengah
7. Puseh

Jam 19.00
Ngayapang para tapa sami ring Pura Çiwa


Ngiring Para Tapa lunga ke Beji Uma Lebah
Ngelantur Ngunya ring :
1. Pura Lemendek
2. Pura Gresik
3. Pura Ciwa
4. Pura Kanginan (Pura Batan Kendal)
5. Pura Gede Penataran

Ngayapang Tapa

Ngiring Para Tapa lunga ke Beji Uma Lebah


Ngiring Para Tapa lunga ke Beji Uma Lebah
Ngayapang Tapa
1. Ngelebar Tapa
2. Ngelebarang Karya, Nuwek Bagia Pula Kerti
3. Ngelukarin
4. Ngaturang Penyapsap
Masineb ngiring Ida Bhatara lunga ring Gedong Simpen