Wednesday, May 29, 2019

Melaspas Kos, Nonton Sirkus dan Servis Mobil

"Tubuh cepat tua bukan karena terlalu banyak bekerja, tapi karena terlalu sedikit tertawa."

Off 15-28 Mei 2019
Off ke Bali kali kedua lewat Samarinda dengan Lion dan Garuda. Tiba di Pandak dengan sopir gocar yang asli Jogja, sudah 20 tahun di Bali, baru 8 bulan mencicil mobil sendiri dari hasil menjalankan taksi online. Dulu ia sewa mobil 3 juta sebulan, kini ia nyicil 3.3jt sebulan selama 5 tahun. Luar biasa.

Esoknya Kamis pagi mebat ngolah caru jumah bedauh, siang kami ke kos Pesiapan untuk persiapan melaspas, pasang tali keliling, pasang penjor, sanggah cukcuk dan lain-lain. Pesen catering dauh pala untuk 50 orang, sewa meja 5 dan kursi 30. Jumat pekeling bedangin dan sorenya ngendehang banten di kos. Sabtu pagi-pagi sekali nunas tirta jumah bedangin dan bedauh, lalu ngerainin di pura Ciwa. Jam 11.30 ngantukang betara sri di pura Pesiapan di sebelah utara Koramil. Melaspas mulai sekitar jam 1 lewat setelah mangku dijemput Wanda dan Wayan. Sekira jam 4 upacara sampun puput, keluarga sigap membersihkan. Tak diduga banyak keluarga satang di luar perkiraan, mulai dari keluarga di Pengayehan dan Bajera. Nambah sedikit makanan. Malamnya kami menginap di kos ditemani Paktut Garing dan Mekman. Suasana tenang dan sejuk, tanpa AC. 

Minggu mebersih dan mengangkut sisa upacara dengan mobil pakman adik Meadek Wanda. Jam 10 Paktut berangkat ke Yehembang dan 10.30 kami pulang pandak dengan bagasi penuh muatan. 

Esoknya Senin anak-anak mulai ulangan akhir semester. Sembari nunggu ulangan selesai jam 10, kami ke kos melanjutkan sisa pekerjaan. Selasa pasang gorden dan hangger baju di kos. Sorenya di Pandak nemu buku catatan lirik lagu masa SMA dan sekeping CD demo lagu Bali karangan saya. 

Rabu masih seputar antar jemput ulangan, ke kos dan siangnya mengantar Aji ke Abiansemal mepijit kaki kanannya yang sakit. Kamis anterjemput anak-anak sendiri, sembari pasang washtafel di kos sebelah kiri. Toko akan dipasang sekat untuk 2 orang yang jualan sembako dan makanan. 
Jumat hari terakhir ulangan, pulangnya langsung ke gale dan nonton sirkus the Great 50 Shows. Pulangnya malem, mampir makan malam di ayam bakar Prmabanan. Sabtu mebanten tumpek landep dan malamnya rekaman gitar untuk 3 buah lagu yang rencana untuk lomba musikalisasi puisi Helvy. 

Minggu 26 Mei saya coba pertama kali ikut Yoga di Tabanan. Kepala agak keliyengan dan badan rasanya capek banget. Sorenya jemput Nana main di rumah Caca. Mampir ke kos melihat proyek pasang sekat toko dan instalasi listrik baru untuk toko timur. Malamnya rekaman lagu isi vokal. Tapi setelah didengar hasilnya terlalu cempreng musiknya. Senin anter jemput sekolah, servis mobil Splash dan deba senang sekali main di playgroundnya Suzuki. Ibu kumpul arisan bersama geng 3B sebelum terima raport. 

Off ini 2x servis AC tak ada yang beres. Dua kali isi freon bocornya tidak diperbaiki ya panas terusss. Rencana off depan beli AC baru aja. Selama off kepala kliyengan, tapi tensi normal-normal aja padahal. Apa vertigonya kumat ya? Entahlah. 

Selasa pagi masih sempat anter anak-anak sekolah, mepekeling jumah bedangin lalu ibu anter aku hingga Bali Budha. Citilink sore itu delay 1/2 jam saja. Cuaca cerah banget menuju Balikpapan. Malam itu aku menginap pertama kali di Midtown hotel setelah mampir sebentar ke Bluesky. 

Perjalanan menuju Attaka lewat Bontang dengan sedikit guyuran hujan di Samarinda. Sebanyak 58 penumpang memenuhi Cocabora sore yang biru itu menuju Attaka. Bulan puasa sisa seminggu dan aku akan menikmati lebaran di laut untuk kesekian kalinya. Semoga perjalanan ini penuh berkah, tetap sehat dan bahagia. Svaha.




No comments: