Wednesday, September 28, 2022

Waltzing Matilda

Ketika saya kecil, bapak suka sekali nyetel radio siaran Australia berbahasa Indonesia. Dari radio inilah Berita2 nasional dan internasional yang agak underground kami dapat, terlebih waktu itu adalah jaman orde baru yg mana berita2 nasional sangatlah terseleksi. 

Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, jam 5 subuh saya sudah bantu bapak buka toko di pasar dan backsoundnya adalah suara siaran radio ABC yg disetel dari radio gelombang pendek (SW, short wave) Telesonic jadul berwarna silver. Sebelum siaran berita dimulai ada satu lagu, atau lebih tepatnya musik jingle yang disetel sebelum berita dimulai. Nadanya yang earcatching dan karena didengar setiap hari lagu ini begitu nempel di telinga saya, bahkan hingga sekarang. Saya tanya bapak, itu lagu apa, bapak hanya geleng kepala. 

Sampailah pada satu ketika, beberapa tahun kemudian, ketika itu saya SMA. Ada satu anak SMA dari Darwin, Australia, namanya Patrick Franchise Heysen, melakukan pertukaran pelajar di sekolah kami. Ketika saya senandungkan nada lagu pembuka itu, dia langsung heran kenapa saya tahu lagu Waltzing Matilda yang merupakan lagu nasional tidak resmi Australia. Dari lagu itu pula katanya brand Billabong terinspirasi. 

Perlu belasan tahun untuk menguak misteri judul sebuah lagu. Tapi jaman sekarang cukup bilang "OK Google" saja, dalam hitungan detik, judul lagu sudah keluar beserta link terkait. 

Selamat hari Senin, semoga kebaikan datang dan tersebar ke segala penjuru... 


No comments: