Friday, October 06, 2023

Angry Country vs Smiley Island

Beberapa hari lalu aku naik taksi online, drivernya mengaku mantan karyawan di salah satu klinik di Bali. Ia memilih berhenti karena penghasilannya di klinik hanya setengah dibanding narik taksi online, padahal ia hanya narik 8 jam sehari, dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Kalo lebih lama, penghasilannya bisa berlipat. 

Suatu hari customernya seorang bule Amerika, karena penasaran kenapa si bule jauh-jauh ke Bali, apa sebenarnya yang mereka cari. Lalu dengan percaya diri ia bertanya.

"Apa sebenarnya yang kalian cari jauh-jauh ke Bali?"

"Aku mencari kedamaian."

"Memangnya di negaramu tidak ada kedamaian?"

"Tidak ada. My country is angry country, tiap hari aku ketemu orang yang marah-marah." 

"Masak sih?"

"Beda dengan di Bali dan Indonesia. Setiap ketemu orang mereka selalu tersenyum ke arahku. Entah kenapa mereka begitu ramah?" 

"Berapa lama anda di Bali?" 

"Dua hari lagi aku akan kembali ke "my angry country". Aku sebenarnya mau tinggal lebih lama disini." 

Tittttttt.... percakapan terhenti karena si bule sudah sampai di sebuah tempat di Ubud tempat ia mengikuti kelas meditasi yang pengajarnya juga bule. 




No comments: