Saturday, January 16, 2010

Resolusi 2010: Makin Sayang Istri

Resolusi 2010 membawa aku ke dalam sederet daftar yang rencananya dan semoga bisa aku lakukan di tahun yang baru ini. Beberapa target 2009 sebenarnya ada yang tak bisa dikerjakan karena banyaknya kesibukan tidak terplanning yang terjadi dan harusnya aku bisa mengatur lebih baik pada tahun yang baru ini.

Lebih mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa adalah resolusi nomor satu. Aku ingin lebih religius baik dari segi rasional maupun rohani. Misalnya aku akan mencoba semakin banyak membaca buku-buku religius Hindu dan mencoba untuk latihan meditasi untuk keperluan relaksasi.

Dari dialog dengan alam bawah sadarku, aku menemukan beberapa hal yang harus aku lakukan untuk menghapus mental block yg menutup tempurung otakku dari luar. Plan pertama adalah meningkatkan kegiatan olah raga, dengan mengikuti secara teratur senam di Attaka jika ON duty. Ketika off aku berencana membeli sepasang raket bulu tangkis lalu aku akan bermain bersama adik-adik di rumah. Aku juga bisa melakukan olah raga jungkat-jungkit peninggalan bapak yang dulu sudah aku belikan untuk dia. Sebenarnya dulu mau beli Nintendo Wii tapi mending aku beli raket dengan harga yang jauh lebih murah.

Plan kedua dari dialog itu adalah lebih meningkatkan sosialisasi dalam arti aku harus meningkatkan komunikasi dengan masyarakat baru yang tinggal di sekelilingku. Misalnya ketika ON duty aku akan mencoba main pingpong, bilyard atau main band. Dalam perjalanan pulang pergi di pesawat aku bisa berkenalan dan mengobrol dengan orang yang duduk di sebelahku, paling tidak biar ada teman ngobrol atau siapa tahu bisa jadi teman baru. Jika di rumah, aku bisa jalan-jalan keluar rumah untuk mendekatkan diri dengan tetangga dan juga keluarga besar di kampungku tercinta. Aku juga berencana akan berusaha menghubungi teman-teman lamaku yang lama aku 'tinggalkan' sehingga aku tak lagi merasa sepi dan jauh. Aku juga bisa menghubungi mereka via facebook atau multiply agar bisa menjalin komunikasi lebih up-to-date. Disamping itu aku juga harus menambah teman-teman facebook di bidang fotografi agar minat fotografiku tidak hilang ditelan waktu dan juga untuk mengasah dan juga memotivasi diri untuk terus berkembang dan belajar.

Dari dunia fotografi, aku akan mencoba melanjutkan resolusi tahun sebelumnya yakni membuat portofolio flash yg bagus, paling tidak mengumpulkan foto-foto terbaikku yang tersebar di PC, laptop dan juga hardisk portable. Juga aku berniat memiliki softbox untuk flash, rencananya mending beli langsung jadi daripada membuat sendiri yang hasilnya belum tentu rapi dan bagus.

Dari segi pekerjaan ada beberapa hal yang ingin aku tingkatkan di tahun 2010 ini. Belajar electric basic dan generator adalah target pertamaku dan sudah aku masukkan di program training tahunan, semoga mendapat approval dari bos. Disamping itu aku harus perdalam lagi belajar Gas Engine dan Turbine Compressor secara praktis, karena wilayah kerjaku sekarang mencakup banyak gas engine dan turbine. Yang paling penting adalah meningkatkan kemampuan di bidang PLC dan DCS. Lebih banyak bertanya ke senior dan juga kembali membuka arsip-arsip lama untuk menyegarkan kembali ilmu yang aku dapat secara mandiri.

Yang terakhir dan paling penting dalam kehidupanku adalah resolusi untuk keluarga. Aku ingin bisa menyayang istriku, anakku serta keluargaku semua secara lebih terpadu. Aku ingin mencurahkan kasih sayang tidak saja secara materi namun aku ingin bisa menunjukkan sayang itu agar mereka merasa nyaman dan bahagia hidup bersamaku. Aku tak ingin mereka kecewa jika aku melakukan hal-hal yang membuat hati mereka tidak senang.

Aku harus lebih sabar menghadapi istri, dalam arti aku tidak boleh cepat emosi atau marah jika sedang terlilit masalah, aku ingin belajar lebih sabar dan pintar dalam mengelola masalah sehingga ini juga akan menguntungkan aku dan orang-orang di sekitarku termasuk istriku. Karena kemarahan adalah akibat dari kebodohan, jika aku marah maka aku bodoh.

Aku juga akan berusaha menyekolahkan adikku semampuku agar ia bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi untuk keperluan karirnya di masa depan, semoga aku bisa ya Dek.

Disamping itu aku bersama adik akan mencoba untuk mengelola warisan yang tidak sedikit. Mulai dari toko dan rumah di bajera. Rumah akan aku coba jual kepada banjar dan semoga harganya pantas dan tidak membuat kecewa. Toko akan dikontrakkan agar kelak jika siapa saja diantara aku dan adik ingin jualan kembali, agar tidak kesusahan mencari toko baru. Disamping itu, toko ini pula sudah punya nama dan tidak rela ditinggal begitu saja. Tentunya barang-barangnya akan kami bawa dulu ke Pandak dan kami juga hendak membuka toko di rumah di barat, semoga semuanya diberi kelancaran dan kemudahan.

Di tahun yang baru ini aku juga ingin memperdalam ilmu hypnoteraphy dengan mencoba mengikuti pelatihan-pelatihan yang kebanyakan ada di Surabaya, semoga istriku setuju dan aku juga bisa diterapi untuk nafasku yang sering sesak. Disamping itu aku juga berniat semakin belajar di bidang ilmu mengasuh anak berbasis hypnoparenting.

Semoga apa yang kami rencanakan diberi kelancaran dan kemudahan. Yang paling penting adalah action dan action. Dan action plannya akan aku break down menjadi action plan harian, mingguan dan bulanan sehingga bisa diterapkan di kehidupan nyata.

Astungkara...

No comments: