Sunday, October 23, 2011

Purnakarya Pak Samad

Pada hari Rabu pagi, Pak Ramlan memerintahkan kami untuk membuat pesta perpisahan Pak Samad yg akan memasuki MPP 1 November ini. Acara yg sudah terkonsep di otakku ini tinggal mewujudkan saja. Aku berinisiatif mengajak teman-teman latihan nyanyi di Recreation Deck pada Rabu malam. Akhirnya muncul ide menyanyi bersama lagu Andaikan Kau Datang punya Koes Plus. Latihan malam itu berjalan sukses. Teman-teman lainnya juga ada yg menyanyi solo.

Masalah lain, ada beberapa teman minta mendatangkan artis, namun dalam planning dan budget kita tidak memungkinkan karena memang tidak ada arah kesana. Masalah kedua muncul, tidak ada dana lebih dan disusul oleh masalah ketiga, kami kesulitan nyari artis. Apalagi untuk acara mendadak seperti ini.

Untunglah Pak Prayit, yg baru datang sore itu, bercerita kepada Camp Boss dan tanpa diduga Camp Boss mempunyai solusi cepat dan murah. Artis dikontak dengan harga 1 juta. Beres masalah ketiga.

Esok hari, Kamis 20 October 2011 Pak Ramlan nyuruh kami kerja setengah hari saja, persiapan buat acara nanti malam. Di sela-sela persiapan kami mendapat kabar bahwa ada lumayan banyak donasi dari teman-teman semua. Tampaknya ini tidak main-main dan termasuk teman NIB juga berhasil mengumpulkan dana 500 ribu. Masalah kedua hampir selesai.

Acara diformat ala Hitam Putih, Bukan Empat Mata, Kick Andy dan Just Alvin. Yang ditiru adalah adanya video testimoni dari teman-teman yg sudah off, juga teleconfrence dengan Pak Wawan dan Bang Taupan di Lawe-lawe. Yang paling menarik adalah penampilan semua crew bersama Pak Ramlan menyanyi bersama plus puisi untuk Pak Samad. Adanya hadiah karikatur digital dari kaliaja.com dan juga slideshow foto-foto Pak Samad menambah semarak acara malam itu. Kata orang ini acara terunik yg pernah ada di Attaka. Menurut Mustakim, "Pangkat Kolonel, acaranya Jenderal." Padahal awalnya saya hanya ingin mencoba hal baru namun justru apreasi teman-teman sangat positif.

Penyanyi malam itu diisi oleh dua cewek SMA artis dari Badak dan ada Pak Jasimin, Arif dan Bang Jay yg bernyanyi R&B malam itu. Pada ujung acara, aku, Pak Iwan dan Om Johnny memainkan Don't Let Me Down-nya The Beatles. Acara ditutup dengan acara salaman diiringi lagu wajib Kemesraan dan foto bersama.

Ada beberapa lesson learn yg bisa jadi catatan untuk acara selanjutnya: siapkan battery 9 volt cadangan untuk mike, video chat dengan skype dan siapkan proyektor yg bagus. Jika memungkinkan, pasang lampu panggung tambahan atau belikan lampu disko yg bisa berputar 360 derajat.

Semoga Pak Samad bisa menjalani masa Purnakarya dengan baik dan diberikan jalan yg terang bersama keluarga.

No comments: