Tuesday, October 09, 2012

Investasi Menggiurkan

Investasi apa yg menghasilkan keuntungan paling tinggi? Pasti banyak yang bilang investasi saham. Bisa ya bisa tidak tergantung naik turunnya saham. Disamping saham ada juga ORI, deposito, reksadana, emas, properti atau bisa juga tabungan dengan gain paling minim.
Reksadana saham bisa menghasilkan keuntungan 10-15% setahun, kemudian deposito hanya sekitar 6% per tahun. Sedangkan tabungan hanya 3%-an saja.

Mau tahu investasi menggiurkan lainnya? Kasi uang pelicin 100 juta masuk jadi karyawan suatu instansi. Dengan asumsi gaji bulanan setidaknya 2 juta saja maka pendapatan per tahun kotor sebesar 24 juta. Atau keuntungan sekitar 24% setahun dari "modal awal" :). 4 tahun balik modal. Itu baru kalo gaji 2 juta saja loh. Menggiurkan kan? Makanya banyak yg rela jual sawah ladang demi memasukkan anaknya untuk jadi karyawan di suatu instansi itu.

Beda dengan kapal pesiar, di Bali kebanyakan orang tua ngemodalin anaknya untuk bekerja di kapal pesiar di luar negeri. Modal awal 50-60 juta dengan penghasilan 25 juta saja per bulan sudah bisa balik modal 2-3 bulan. Menggiurkan. Sudah jadi pemandangan biasa para orang tua rela jual sawah ladang demi mengirim anaknya kerja di kapal pesiar. Bahkan ada sebuah LPD yg menyediakan dana pinjaman khusus pekerja kapal pesiar. LPD ini pintar melihat peluang. Ya simbiosis mutualisme lah.

So. Mau investasi apakah kalian?

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: