Monday, June 27, 2016

4 Tipe Kepribadian

Hampir di setiap buku pengembangan diri, buku motivasi ataupun manajemen selalu membahas 4 jenis karakter manusia. Keempatnya adalah koleris, sanguin, plegmatis dan melankolis. 4 tipe kepribadian ini dicetuskan pertama kali oleh Hippocrates kemudian disempurnakan oleh Claudius Galen.

Koleris adalah tipe agresif dan selalu ingin menguasai dan sering menekan. Sanguin adalah pencair suasana, gampang akrab dan easy going. Melankolis adalah si teliti dan suka detail namun kadang cenderung saklek dan perasa. Plegmatis adalah pendamai, tidak suka bikin keributan dan teman yg paling asyik. Mungkin tidak ada manusia yg sama persis dengan 1 karakter di atas, namun kombinasi dari 2 atau lebih karakter tersebut. Biasanya ada satu karakter paling kuat. Pada umunya orang koleris sulit akur dengan plegmatis karena koleris cenderung menekan sedangkan plegmatis tidak suka ditekan. Sanguin biasanya tidak cocok dengan melankolis karena si melankolis yg suka detail bertolak dengan sanguin yg easy going dan suka santai.

Makanya kadang saya sering melihat kawan yg sukanya detail dan perfeksionis, tapi orang-orang tipe ini juga biasanya perasa dan cenderung egois, kurang humoris dan bahkan kurang supel. Juga ada kawan yg kelihatan sangat mudah bergaul, tapi kadang jika disuruh mengerjakan yg detail dia tidak terlalu telaten. Dan banyak sekali contoh lainnya.

No comments: