Wednesday, September 14, 2016

Pelajaran Kelas Satu SD

Masih heran dengan bimbel atau les tambahan. Pemahaman sederhana saya, kalo harus ada bimbel artinya pelajaran utama sekolah nggak efektif dong (masih kurang). Kenapa gak maksimalkan aja yg ada. Kalo dianggap jam belajar regular kurang panjang maka harusnya jam pelajaran yg ditambah. Bukan menambah bimbel yg nota bene harus nambah waktu belajar dan yg paling gawat adalah nambah biaya.

Setelah beberapa bulan berjalan dan saya amati anak SD saya dalam belajar dan pelajarannya. Banyak buku bacaan dan buku tulis yang harus dibawa. Banyak macam pelajaran dan terlalu kompleks menurut saya untuk kelas 1 SD.

Ada 12 mata pelajaran yaitu agama, pkn, budi pekerti, ips, ipa, cemerlang, penjaskes, bahasa bali indonesia inggris, matematika, dan seni budaya serta 8 level pelajaran tematik sesuai temanya.
Sebenarnya dari semua itu bisa disederhanakan menjadi misalnya hanya 4 karena antara satu pelajaran dan lainnya banyak yg mirip dan mengulang-ulang. Misalnya dalam pelajaran pkn ada juga dibahas di IPS, dll. Berikut pengelompokan versi saya menjadi 4 saja: Manusia dan Alam, Bahasa, Matematika dan Seni Budaya. Anak-anak cukup belajar itu saja dulu.

1. Tentang MANUSIA DAN ALAM
Agama
PKn
Budi Pekerti
IPS
IPA
Cemerlang
Penjaskes

2. BAHASA
Indonesia
Bali
English

3. Matematika
4. Seni budaya dan keterampilan

5. TEMATIK
1A. diri sendiri
1B. Keluarga
1C. Lingkungan
1D. Kebersihan dan kesehatan
1E. Pengalaman
1F. Energi
1G. Tempat umum
1H. Peristiwa alam

No comments: