Saturday, September 10, 2016

West Seno Trip 12

01-10 September 2016

Tak terasa sudah 12 kali trip aku pulang pergi West Seno. Tak terasa 10 bulan yg lalu pertama kali menginjakkan kaki di unit terapung ini. Trip kali ini harusnya 1 minggu saja sehabis cuti, tapi extend jadi 10 hari karena om Gun mau nambah off. Tepat tanggal 1 September naik bis bareng pak Didik yang mau ke Attaka serta Octo yang memulai karirnya di Santan TMG. Karena off ku kemaren 4 minggu, email jadi numpuk tak karuan. Sedikit demi sedikit dikerjakan semampunya. Disibukkan oleh aktivitas post Bangka start up, menutup beberapa punch list. MEG pun datang diantar oleh Surf Perdana. EP-300 cabut dengan mulus diikuti oleh hengkangnya Alamanda. Project sudah selesai. Bangka subsea well sudah online dengan garang. 80MM mudah-mudahan setara dengan effort yang sudah dikeluarkan. 10 hari kemudian sepertinya panitianya akan dibubarkan.

Proses masih mencari titik setimbangnya. Masih tuning sana sini. Bangka 7 sempat ganti choke 2x dengan ROV sekali turun seharga 1 juta. Siang hari ketika aku mau terlelap tidur siang, FPU bergetar kencang, suara mendesing di luar. Ketika ku tengok keluar kaget bukan kepalang karena api flare setinggi gunung, menciutkan nyali. Namun hanya sebentar dan setelah itu proses kembali normal. Si sumur 7 dan 6 sedang latihan.

Sore ini aku pulang ke Balikpapan transit via Attaka. Attaka masih seperti dulu, tetap ramai dan ceria. Seperti 10 bulan lalu ketika kutinggalkan tanpa basa-basi. Seperti putus cinta perasaanku waktu itu. Para sahabat menyambut hangat. Masih seperti dulu. Sempat karaoke 4 lagu menemani om Erik di bawah helipad, sehabis lomba aerobik tadi sore. Malam ini kami meneruskan perjalanan ke Santan dengan Kepodang dan lanjut naik Innova menuju Balikpapan bersama Frans dan Handoko. Jam 9 berangkat dari Santan. Kemudian mampir makan tengah malam nasi kuning di jl. Antasari Samarinda. Jam 2 subuh kami tiba airport lalu tidur di mushola bandara. Semoga perjalanan hari ini dan esok diberikan kelancaran.

No comments: