Sunday, April 09, 2017

Pak Dewa dan Taxi Balikpapan

Off ini aku menyewa taxi Avanza dari Ngurah Rai ke Pandak dengan sopir pak Dewa. Biayanya 200rb. Pak Dewa sangat ramah dan sopan juga rendah hati. Beliau banyak bercerita suka duka menjadi sopir travel. Ia biasanya antar tamu keliling Bali mengunjungi objek2 wisata. Tidak banyak metode marketing travel pribadinya. Hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut saja. Ia mengaku banyak mendapat fee dari kecak uluwatu dan tempat ngopi luwak. Ia juga suka meng SMS pelanggannya yg sudah lama tak mengontak dia. Tak ayal ia biasa mendapat penghasilan sekitar 14-15jt rupiah per bulan hanya dari 1 mobilnya itu. Luar biasa. 

Lain lagi cerita sopir taxi bandara di Balikpapan. Kali ini saya minta diantar dari Sepinggan ke Pasir Ridge. Ia mengaku mendapat rata-rata 8 kali order per hari. Ia harus menyetor 270rb per hari dan habis sekitar 100rb untuk biaya bensin. 
Penghasilan total dipotong dulu 10% baru kemudian dikurangi setoran dan bensin. Itulah penghasilan bersih hariannya. Jika rata2 per hari dia dapat 80rb x 8 = 640rb - 270rb - 100rb = 270rb x 30hr = 8.1jt per bulan bersih. Luar biasa.

No comments: