Wednesday, September 27, 2017

ATTAKA TRIP 7

"The more you understand yourself. The more you will understand your world."

20-27 Sept 2017 (cuti ngaben di jero).

Kali ini aku menginap di esai. Bertemu mas Wakhid. Trip kali ini hanya seminggu karena aku cuti mengikuti ngaben di jero. Aktivitas engine change out dan service 302C dan juga generator problem menguras tenaga. 

Engine yang sudah duduk begitu akan di start malah ngejam. Atas petunjuk dari PTI akhirnya team TMG tidak jadi kembalikan engine lama. Turbine berjalan mulus meskipun molor 8 hari dari seharusnya 6 hari. Semua bergembira dan tersenyum puas. 

Kami diwajibkan menyelesaikan training CMS sebelum 30 September dan aku mendapat 1 training dengan judul Introduction to Gas Compression. Aku selesaikan dalam 2 malam dengan nilai final test 100% untuk 32 soal. Mancap.

Meditasi masih berlanjut malam dan subuh sebelum bangun. Aktivitas outdoor sering membuat aku kewalahan dan kelelahan. Namun tidur malam jadi nyenyak. Sehabis off berat badanku malah naik 1 kg. Namun di akhir minggu ketika mau off kembali ke angka 80.3 kg, turun 0.3 kg dibandingkan bulan lalu. Olahraga hanya sekali. Itupun yoga di bawah helipad. Tapi gerakannya cukup susah dan badan jadi pegal semua. 

Di sebelah CP ada Pelikan Perdana yang sedang diving. Di akhir minggu mereka move out ke Alpha. Seminggu ini kami berkutat dengan troubleshoot generator. Sempat trip ketika sedang mencoba parallel generator nomor 2 dengan nomor 1 dan 4. Gen 4 malah mati, load shading mematikan beberapa remote dan LQ. 

Team V&V sibuk mewancarai setiap pekerja sesuai jadwal. Aku kebagian di hari Minggu dan diwawancara selama 1.5 jam. Uwedddaann tenan. Konon nilai kami rata-rata 48%. Masih lebih baik daripada SMO yang 20%. 

Di sela aktivitas terdengar berita Gunung Agung berstatus awas level 4. Sudah ada 75.000 pengungsi yang meninggalkan wilayah rawan bencana. Termasuk buk Wida dan ajik Weda juga pulang kampung. 

Hari terakhir ketika mau pulang, kami sedang bekerja di HE no 1. Setelah selesai dan dicoba ternyata leaking. Akhirnya dikerahkan welder Bukaka lembur. Terlalu semangat sih. 

Karena eksten sehari, aku jadinya pulang Rabu malam. Malam ini Perkutut mengantarkan kami menuju Santan. Nanti jam 11 aku ke portal, menunggu travel menuju Balikpapan. Semoga aman dan selamat. 

Aku tiba jam 4.30 subuh di Balikpapan. Ketemu Gatot sebentar saja di gate 10 yang sudah lama tak sua. Ia terbang ke Joga dan aku ke Surabaya pagi ini. 

No comments: