Saturday, November 12, 2016

Phone Usage dan Sosial Media

Kaget setelah melihat statistik penggunaan handphone rata-rata 5 jam per hari. Aku gunakan sebuah aplikasi bernama "Phone Usage" untuk merekam aktivitas HP ku termasuk membuat ranking aplikasi yg sering digunakan. Canggih.

Jika dipersentasekan lebih dari 1/6 hari dalam sehari aku gunakan main HP. 4 top apps yang sering aku gunakan adalah FB, WA, IG dan browser yg dalam hal ini Chrome. Harus dilakukan perubahan agar waktu tidak terbuang percuma bersama sosial media, energi harus dialihkan ke hal-hal yg lebih penting di dunia nyata. Terutama menyelesaikan pending job di rumah, lebih intens sama anak-anak dan bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggal. Juga jika memungkinkam belajar untuk meningkatkan pengetahuan di bidang pekerjaan dan rencana bisnis yang akan dilakukan menyongsong 2018.

Beberapa hari lalu sebenarnya sudah kulakukan perubahan yaitu mengurangi penggunaan FB dan IG dengan cara log out sehingga harapannya mengurangi penggunaan. Ini juga untuk mengurangi penggunaan paket data yg jika dikalkulasi aku memakai 2 GB selama sekitar 10-12 hari. Atau sekitar 6 GB/bulan. Jika diuangkan Rp. 285rb untuk membeli 3 x paket data seharga Rp. 95rb rupiah. Target saya dengan mengurangi pemakaian internet ini maka saya bisa hemat 30% atau mengisi paket data setiap 2 minggu sekali saja.

No comments: