Wednesday, October 18, 2017

Stop Facebook

Sejak sekitar 6 bulan terakhir saya coba kurangi membuka FB melalui smartphone. Pasalnya ketika saya lihat statistik pemakan paket data, FB ada di urutan pertama. Disusul oleh Instagram, Youtube, browser hingga whatsapp. 

Setelah mencoba tidak menggunakan FB sejauh ini, hidup menjadi lebih ringan. Setidaknya konsumsi paket data berkurang. Membaca berita-berita yang tak perlu dibaca pun bisa saya hindari. Pasalnya kini banyak sahabat di FB yang share berita-berita yang tak bermanfaat untuk "kesehatan" pikiran. 

Di samping itu, pemakan paket data kini bergeser ke WA. Saking banyaknya ikutan grup dan teman-teman sudah mulai share video berkapasitas besar. Kini saya non aktifkan saja fasilitas download video otomatisnya. 

Instagram masih menjadi pemakan data juga karena ini satu-satunya hiburan visual saya. IG kini juga banyak yang upload video dan story yang memakan banyak data. Namun di IG setidaknya yang di share hal-hal yang indah. Jadi tidak meracuni pikiran. 

No comments: