Friday, August 29, 2008

Kuli Minyak

Bekerja di perusahaan minyak lepas pantai dan dengan schedule 2-2 sudah pasti ada senang dan ada tidak senangnya. Schedule 2-2 berarti 2 minggu kerja dan 2 minggu off. Waktu kerja adalah full 12 jam dengan istirahat di malam hari 12 jam. Sedangkan waktu off kita pulang dan bebas kemana saja, tinggal dimana saja dan terserah mau ngapain.

Susah senang selalu jadi satu, begitu pula untuk pekerja shift-shiftan seperti ini. Senangnya ketika kita off. Hari yang paling menggembirakan adalah 1 hari terakhir menjelang off. Dunia rasanya terang benderang. Langit malam bagaikan siang. Siang bagaikan pesta pora. Bahkan laut yang bergelombang tinggipun bagaikan danau yang tenang saja. Disamping itu karena 2 minggu full off duty di rumah jadi kita bebas sepuasnya melakukan kegiatan apa saja. Jika punya hobby fotografi bisa sepuasnya hunting kemanapun kita mau karena waktu 2 minggu adalah waktu yang sangat dan cukup panjang untuk berkelana kesana-kemari. Berbeda dengan pekerja kantoran yang hanya punya waktu 2 hari atau 1 hari libur di hari minggu. Tentunya sangat tanggung jika ingin pergi hingga ke luar kota.

Kesenangan yang lain adalah ketika gajian di pas kita off. Nah itulah saat-saat yang tepat sekali sebagai moment yang terbaik dalam hidup pekerja minyal lepas pantai. Pas pulang pas gajian begitu kami mengistilahkannya.

Namun disisi lain ada juga sisi buruk. Yang tiap orang mungkin berbeda-beda dan bersifat subjektif. Karena bekerja full 2 minggu di lepas pantai tentu saja waktu 2 minggu itu pula jauh dari keluarga, jauh dari teman dan kerabat. Jika yang baru punya anak atau baru saja nikah, tentu menjadi hal yang berat menghadapi hari-hari seperti itu. Yang paling tidak enak ketika salah satu dari keluarga kita ada yang sakit, dan kita harus pulang. Kadang-kadang atasan yang kurang bisa diajak kerja sama menganggap pulang saat hari kerja adalah kesalahan fatal. Kadang ada juga komentar "Emang kalau pulang anakmu bisa sembuh?" Ah itu sungguh tidak punya hati kalau kita dengar seperti itu.

Disisi lain kadang kalau kita sedang off tak ada teman yang diajak main. Karena schedule rata-rata teman yang lain adalah libur di hari minggu saja. Jadi nggak nyambung dengan schedule kita yang aneh.

Masih banyak sebenarnya yang ingin diceritakan, tapi boat sudah datang dan kita siap menembus gelombang...

No comments: