Friday, August 29, 2008

Telkomflash Asyik

Akhir-akhir ini banyak provider seluler yang menyediakan paket data akses untuk akses internet. Ada IM2 dari Indosat, ada Speedy dari Telkomnet dan ada juga Telkomflash dari Telkomsel. Paket yang terakhir yang sudah saya coba. Cukup cepat untuk layanan GPRSnya. Karena di lokasi tempat saya bekerja hanya masuk Telkomsel GPRS saja, 3G apalagi 3.5G belum sampai.


Ada berbagai paket Telkomflash yang mensupport Halo, Simpati dan As. Untuk kartu Halo ada paket murah Rp 125rb/bulan unlimited dengan speed bisa 128 kbps. Kebetulan saya menggunakan Simpati PD dan saya aktifkan saja paket volume base Rp 100rb yang aktif dalam waktu 1 bulan dengan jatah 300 MB. Kuota segitu saya kira sudah cukuplah dalam 1 bulan.

Cara mengaktifkan GPRS Simpati cukup sederhana. Tinggal ketik sms "GRPS <16 digit no simcard>" kirim ke 6616. Akan ada balasan SMS yang menyatakan GRPS telah aktif. Setelah itu HP bisa difungsikan sebagai browser sendiri (main internet di HP) dan bisa juga HP sebagai modem (main internet di PC/laptop). Saya gunakan dua-duanya. Fungsi yang pertama saya install MiniOpera di HP untuk browsing dan e-buddy untuk chatting via Yahoo!Messenger. Sedangkan untuk di laptop saya gunakan Nokia PCSuite sebagai software interface antara laptop dan HP. Setelah menginstall PCSuite di laptop, lalu tinggal menghubungkan HP via USB dan mengaktifkan koneksi ke internet, jadi sudah.

No comments: