Sunday, July 21, 2013

Positif dan Negatif

Dalam perpisahannya, Pak Prayitno sempat memberikan kami nasehat perihal bagaimana bersikap kepada diri dan orang lain. Ia menyebutnya bersikap/berfikir positif dan negatif. Ada empat kombinasi yaitu kita bisa jadi positif dan negatif. Orang lain bisa kita anggap positif maupun negatif.

Jika kita memandang diri negatif dan orang lain negatif, maka ini adalah sikap paling buruk dalam kehidupan. Karena kita selalu menganggap diri dan orang lain serba tak mampu. "Ah, aku aja gak bisa, apalagi kamu!" Demikian yg sering diucapkan.

Memandang diri negatif namun orang lain positif adalah sikap rendah diri (minder). Selalu merasa tidak mampu dan lebih bodoh dari orang lain adalah mental block yg benar-benar menghambat kesuksesan orang lain.

Memandang diri positif, memandang orang lain negatif malah menimbulkan arogansi diri. Kita selalu memandang rendah orang lain bahkan tidak pernah memberi kesempatan kepada orang lain berbuat lebih.

Yang paling ideal adalah memandang diri dan orang lain positif, sesuai porsi masing-masing. Atasan menghargai dan mendelegasikan tugas kepada bawahan dan mempercayakan hasilnya untuk setiap tugas.

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: