Friday, May 27, 2016

Off Ini Ulang Tahunku

Off kali ini adalah hari off paling spesial, karena aku berulang tahun pada 3 Maret bertepatan dengan oton Nana. Tidak ada birthday cake karena sejak kecil aku memang tak pernah merayakan ulang tahun. Hanya makan siang di Mang Engking.

Pagi itu dijemput kak Wanda di Kediri, aku tiba dari Surabaya naik travel Gd Bali. Perjalanan yg melelahkan. Sorenya nangkil ke Tanah Lot. Mobil pun diservis di akhir Februari meskipun telat 300an km. Off ini pula kami melukat di betara hyang guru kemudian sorenya kami nangkil ke pura Seseh. Pada suatu hari Minggu ditemani keluarga termasuk Kadek, aku memotret prewedding Karisma dan Pande di Museum Bali dan Bajra Sandi Renon.

Off kali ini dipenuhi dengan kegiatan mencari peluang bisnis sekaligus deg-degan menunggu pengumuman WFM yg seharusnya 7 Maret namun diundur ke 11 Maret. Semula aku berminat dengan Indomaret dan Ahass namun mendengar cerita teman SMA yg memelihara ayam petelor sebanyak 9000 ekor, aku jadi ngiler dengan penghasilan bersihnya 30 juta per bulan. Sempat pula cari-cari info ke Indomaret dan bertemu dengan seorang supervisor Indomaret area Tabanan. Menurutnya wilayah yg masih prospek adalah area Pasekan di sebelah utara SMA 1 Tabanan. Langkah selanjutnya adalah survey ke Ahass dan bertanya langsung ke Indomaret di jalan Bedugul. Namun sepertinya aku lebih tertarik dengan ayam petelor.

Off ini menyelesaikan album Ranacitta 4 dan 6 tahun. Aku buat di asprophoto.com dengan biaya 2 x 129rb. Namun hasilnya kurang memuaskan karena warnanya sedikit buram.

Off ini pun disibukkan dengan persiapan Nyepi. Sempat ikut melasti hingga ke Tanah Lot. Ke dokter pun sempat tertunda karena dokter ada pertemuan. Pada hari Senin kami bisa bertemu dokter dan akhirnya kami memberanikan diri menanyakan jenis kelamin. "Ada belahan kata dokter," yg dikomentari istriku, "Yang penting sehat."

Dengan terpaksa lagi aku harus berangkat kerja di hari raya Nyepi ini. Siang menjelang sore yg mendung di hari Pengerupukan, aku diantar istri ke Kediri untuk naik bis Gunung Harta ke Surabaya. Jam 3 sore bis berangkat diguyur hujan begitu lebatnya. Perjalanan beberapa kali tersendat karena ada iringan ogoh-ogoh sepanjang jalan. Jam 9 wib malam baru tiba di seberang Ketapang. Jam 2.30 WIB tiba di Bungurasih lalu lanjut ke Juanda dengan Damri airport selama 45 menit dengan ongkos 25rb. Dan pagi ini aku dejavu. Mengingatkan masa-masa kuliah dulu ke Jogja dan sering naik travel menuju Surabaya. Pagi ini dengan mata masih ngantuk berat aku melangkah lunglai menuju ruang tunggu. Menikmati hari raya Nyepi di Juanda airport untuk melanjutkan ke Balikpapan dengan pesawat paling pagi. Merayakan Nyepi di dua kota, dua pulau, dua propinsi. Maafkan aku tak bisa melaksanakan catur brata penyepian dengan sempurna. Maafkan aku tak bisa menemani keluarga di hari yg suci ini..Maafkan...