Wednesday, March 27, 2019

Tiga Malam di Balikpapan

Kali ini aku menginap 3 malam di Reddoorz near Taman Bekapai. Hari Rabu kami crew change lewat Santan, hujan menyejukkan hati kami setiba di Dock Site. Selama sekitar 6 jam kami menembus jalanan Bontang Balikpapan. Turun di depan Hakaya lalu berempat naik Go Car ke ruko bandar. Aku, Bembeng, Anang, Widodo menginap bareng di Reddoorz, Gantino menyusul sorenya dari Tenggarong. 

Malamnya aku memilih tidur cepat untuk menyiapkan stamina psikotes esok hari. Pagi ketika bangun badan segar hendak jogging, namun hujan rintik-rintik. Sarapan nasi kuning di depan ruko, ketemu Widodo yang habis jogging. Separuh hari aku habiskan istirahat di kamar hotel. Kamis 21 Maret jam 14.00 aku mulai psikotest di IT Experience room MOB Pasir Ridge. Erickson menjemput kami di hotel lalu kami berenam berangkat menuju kantor setelah makan siang di Coto Makassar pinggir laut. Tes berlangsung sekitar 1 jam 15 menit secara online. Ada 11 modul yang harus diselesaikan dengan batasan waktu. 2 tes terakhir adalah personality test tanpa batas waktu. Selesai tes aku mampir BC melihat gitar dan buku di Gramedia. Malam harinya kami makan bebek di dekat Balcony. Pulang jalan kaki menyusuri trotoar dari BC hingga ruko bandar seperti ketika kami FDT dulu. Sudah lama tak ngumpul2 seperti ini. Malam hari tidurku nyenyak sekali. 

Hari Jumat pagi aku jogging 1/2 jam hingga kantor Walikota. Trotoar lurus dan rapi pagi itu membuat suasana jogging nyaman sekali. Sepulang sarapan nasi kuning mata jadi sedikit ngantuk, aku tidur sebentar. Jam 12.30 aku menuju kantor besar lagi untuk wawancara dengan psikolog juga secara online. 1/2 jam kuhabiskan wawancara dengan fasilitas teleconference dengan berbagai pertanyaan: apa aktivitas sehari-hari di offshore, apa yang dilakukan untuk menghadapi perubahan dari CVX ke PHKT, apa perubahan dari peralihan ini, apa kendala yang pernah dihadapi di tempat kerja, bagaimana cara menangani kalo ada konflik, apa prestasi yang pernah dicapai dan apa harapan untuk PHKT. Sorenya sehabis wawancara bersama Kharisman menuju eWalk tapi tidak lama, aku lalu pulang dan malamnya makan mie goreng kakilima dekat hotel. Malam itu di lobby ngobrol dengan seorang bapak pebisnis dari Batam. Cerita banyak soal Singapur dan Batam. 

Sabtu pagi aku jogging lagi di seputar taman Bekapai, viewnya menyejukkan sekali, damai. Taman bekapai diapit oleh landmark penting Balikpapan. Di sebelah utara ada Novotel, Mega Lestari dan PLN. Di sebalah timur adalah Polresta Balikpapan. Barat gedung Balikpapan bekas bioskop jaman dulu. Sebelah selatan di seberang jalan adalah ruko Bandara, deretan pertokoan tempat aku menginap. 

Sarapan nasi kuning depan polres, lalu packing untuk pulang ke Bali. Aku sudah tak sabar bertemu para bidadariku. Semoga perjalanan ini tak sia-sia, semoga apa yang sudah kami rencanakan berjalan dengan lancar, swaha. 

Psikotes sebanyak 11 subtes, dengan bisa mengerjakan soal sebanyak, dlm waktu:
Subtest 1 32 of 60 3 menit 53
Subtest 2 20 of 50 4 menit 40
Subtest 3 34 of 72 4 menit 47
Subtest 4 25 of 60 4 menit 42
Subtest 5 41 of 60 5 menit 68
Berhitung angka 35 of 40 7m 88
Gabungan bagian 16 of 26 7m 62 
Hubungan kata 40 of 40 4m 100
Abstraksi non verbal 30 of 30 10m 100
Work Personality Analytic 8 menit
Work Behavioral Assessment13 menit

Rata-rata bisa mengerjakan 67% soal. Ya lumayanlah. Tapi belum dihitung benarnya. 




No comments: