Wednesday, July 22, 2020

Attaka Trip 42 - SDV M2A, Training PRIMA dan Air Dryer Foxtrot

"Once you know how to die, you know how to live."

01-22 Juli 2020
Hari Rabu di awal Juli, jam 7 pagi kami berangkat menuju Samarinda dengan 2 bus berlogo Pertamina. Seorang polisi duduk di deretan kursi paling depan, mengawal perjalanan kami selama pandemi. "Entah sampai kapan kami akan ikut bus ini," sahutnya penuh semangat. Barangkali ia sarapan sate kambing tadi.

Perjalanan hari itu terasa sangat cepat, aku tidur di bus nyenyak sekali padahal tanpa antimo, kami ke Attaka lewat propane. Jam 3 sore kami sudah tiba di Attaka. Rekor dalam sejarah. Hari Kamis kami disibukkan dengan SDV gas lift to Production yang bocor. Jumat dan Sabtu menggarap level transmitter dan chamber Alpha. Minggu meeting 7dps, prepare SOP dan TKI untuk semua NOFM, lalu survey instrument air header Production.

Senin 6 Juli replace positioner PCV 1103-3 seharga 85 juta. Selasa PM Charlie dan repair SDV test, dismantle pressure controller test. Rabu function test Production. Kamis function test Alpha. Jumat meeting membahas cuti dan aku membeli buras untuk makan bersama. Lalu PM Coriolis meter Production. Sabtu dan Minggu connect jumper line air header Prod. Ke Sateliite sama Rindy replace PSLL 1605 discharge scrubber. Senin function test FS, reposition LT 1102 dan drain fuel.

Selasa 14 Juli leaking test new air header Prod tapi masih leaking. Rabu 15 Juli mengambil data trending LT1101 CP. Kamis PM PLC Prod. Jumat replace positioner LCV 1103. Sabtu prepare material aksesoris well untuk 11 sumur yang akan direaktivasi dengan program sand consolidation. Mengerjakan pelatihan Prima dan menjawab soal-soal baru 2 level untuk CMMS dan ECA. Reliability belum lulus, baru dapat nilai 87.7%. Minggu replace CO2 karena kemaren hujan petir menyambar vent stack CP. Siang meeting 7dps.

Senin, 2 hari menuju off kami function test di Juliet. Sedikit problem di lsll gross karena error yang membuat pompa start stop. Selasa PM di FS dan install new air dryer Foxtrot. Pipa sudah terkonek, tinggal kabel akan disambung elektrik.

Rabu 22 Juli di sela ujan deras kami turun ke Mandar, mengantarkan kami ke Santan dengan terseok. Penumpang hanya 20 orang karena kemaren sore sebagian crew termasuk crew kami yang lokal pulang tanpa syarat.

Bus berangkat jam 7 teng. Tiba di Balikpapan kami langsung menuju Klinik Grand Medika untuk rapid test bersama Kharisman, Ary Buana, Pakwok dan Saerozi. Malamnya kami berempat menginap di esai untuk penerbangan esok pagi jam 6 menuju Surbaya lanjut ke Bali. Semoga perjalanan ini mendapat berkah dan selamat sampai tujuan. Svaha.