Thursday, July 16, 2020

Titip Usul Ke Wedakarna

Yth Ajik Wedakarna,
Mohon ijin tyang mau memberikan masukan terkait syarat PCR Swab untuk masuk ke Bali melalui Ngurah Rai Airport. Jika memungkinkan syaratnya sedikit dimudahkan untuk kami penduduk asli Bali dan ber-KTP Bali yg hendak pulang ke Bali. Pertama karena biaya SWAB relatif cukup mahal dan waktu tunggu hasil juga lama bisa 5-6 hari, disamping harga tiket yg juga ikutan mahal di jaman new normal ini. 
Berikut solusi yg coba kami tawarkan:
1. Masuk Bali melalui udara boleh menggunakan PCR atau 2x Rapid test. 
2. Khusus KTP Bali atau pekerja ASN/TNI/Polri/BUMN boleh menggunakan 2x Rapid test atau Rapid test cukup 1x saja lebih bagus. 
3. Tambahan utk point 2, jika menggunakan 1x rapid test, jika memang diperlukan melakukan Swab tes lagi di Bali. Jadi kami yg penting sudah tiba di Bali rasanya sudah tenang meskipun masih wajib Swab lagi. 
4. Penumpang dari Luar Negeri tetap wajib PCR. 

Aturan seperti di atas sudah dilakukan oleh Bandara Sepinggan di Kaltim yang memberikan keringanan untuk penduduk berKTP Kalimantan Timur dan cukup efektif mencegah penyebaran Covid-19. 

Demikian yang dapat kami sampaikan usulan solusinya. Aturannya dibuat sedikit bijak namun tetap aman untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Kiranya dapat dijadikan pertimbangan, setidaknya tidak terlalu memberatkan khususnya kami penduduk asli ber-KTP Bali. 

Matur suksma.
Salam,
Gede A Setiawan
(Pegawai yang tiap 3 minggu tugas ke luar Bali)
No HP 081353253847


No comments: