Friday, September 05, 2008

First Fasting Day

Hari ini tanggal 1 Sept 08 ku bangun agak telat jam 5.30 baru bangun dan langsung mandi ala kadarnya. Jam 6 kurang limabelas langsung turun menuju mess hall dan hendak sarapan pagi. Tapi aku bingung kok orang-orang pada sepi. Hanya terlihat 4 orang yang duduk santai sambil ngobrol secukupnya. Dan di belakang sana hanya seorang koki yang juga terlihat malas-malasan di balik kompor listrik yang besar. Kemudian datang 1 orang teman masuk ke mess hall lalu duduk di sebelahku. Aku tanya padanya kemana orang-orang kok pada hilang? Aku lihat jam tangan masih jam 6 kurang. Apakah aku ketinggalan boat atau boat berangkat lebih awal? Berbagai pertanyaan berkecamuk dalam pikiran yang masih ngantuk ini.

Biasanya pagi-pagi sebelum jam 6 di mess hall ini selalu ramai dipenuhi orang-orang yang sarapan dengan lahap. Tidak seperti pagi ini, hanya ada 6 orang yang tak terlalu semangat. Apakah aku mimpi? Aku coba cubit tanganku masih terasa sakit. Lalu datang koki yang dari tadi tampak malas-malasan di belakang sana, membawa semangkuk indomi plus telor kepada teman yang duduk disampingku. Kutanya saja ia kenapa kok orang-orang pada sepi sarapan. Ia menjawab tanpa dosa, "Orang-orang sudah duluan sarapannya, Mas." Kontan saja aku jadi sadar bahwa hari ini adalah hari pertama kawan-kawan muslim menjalankan puasa bulan Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa, Kawan!

No comments: