Monday, July 02, 2012

Review Project 366 - a Half Year to Go

Tanggal 1 July tepat setengah tahun atau 183 hari telah berlalu di tahun 2012 yang berjumlah 366 hari ini. Begitu juga Project iseng saya "Project 366 Photos of 366 Days" telah berjalan selama setengah tahun. Suka duka susah senang terekam ke dalam setiap lembar foto yang mewakili masing-masing hari. Project yang awalnya diikuti oleh sekitar 10 orang ini perlahan ditinggalkan karena berbagai alasan. Antara lain kesibukan dan ketidaksempatan mengambil dan mengupload gambar.


Bersyukur saya masih punya waktu dan kesempatan untuk melengkapi setiap hari dengan satu foto, mengupload via Facebook dan Flickr. Meskipun beberapa kali keteteran karena jaringan internet sering lambat bahkan down, namun akhirnya proses upload dirapel untuk 3 atau 4 hari. Yang penting foto diambil pada hari bersangkutan. Proses upload yang lambat hanyalah masalah teknis yang sama sekali tidak mengurangi prinsip dari project iseng ini.


Gadget yang saya gunakan mulai dari kamera Nikon DSLR D300s dan D70, Samsung Galaxy Tab dengan kamera 3.2 MP, Nokia E75 dengan kamera 3.2 MP, Blackberry Curve 3G dengan kamera cuma 2 MP dan Samsung Galaxy SII dengan kamera mumpuni 8 MP, lumayan. Pada awal Juni saya sempat pula membeli lensa fisheye buat handphone di Kaskus. Efek fisheye-nya yang unik membuat proses foto memfoto jadi lebih menarik dan unik. Sayang hasil foto masih ada pignet di sekeliling foto.


Yang paling sering dipakai motret adalah tentu saja handphone. Sebelum membeli SII yang paling sering dipakai adalah E75 dan BB. DSLR menduduki tempat terakhir, karena jika sering-sering dipake khawatir akan merusak socket memory card-nya. Setelah Tab saya hibahkan ke istri dan anak, akhirnya saya memutuskan menggantinya dengan SII. Hasil foto yang lumayan bagus membuat semangat memotret jadi makin gila. Sejak pertama beli tanggal 22 April 2012 hingga kini (2 July) saya sudah mengambil gambar sebanyak 2023 foto. Jika dirata-rata maka sehari 20 foto. What a wonderful number. Jika satu foto rata-rata 3 MB maka sehari makan memory 60 MB atau sebulan menjadi 1.8 GB. Bisa dihitung berapa kebutuhan memory dalam setahun.


Sejak Instagram dibuka untuk Android maka aksi memotret dengan handphone makin menggila. Mungkin disinilah tempat pelampiasan saya. Fotografi menjadi tempat menumpahkan segala emosi. Setiap foto mungkin mewakili emosi saya dari hari ke hari, mewakili suasana hati hari itu.


Masih ada 183 hari lagi untuk melengkapi project ini. Semoga hari ke hari berjalan lancar dan mulus. Bisa memotret dan mengupload berarti saya masih bisa menguasai atau me-manage hari dengan cantik. Semoga semua pikiran baik datang dari segala penjuru.


Published with Blogger-droid v2.0.4

No comments: