Thursday, October 17, 2013

24 Jam di Jakarta

Jam 04.30 subuh kapal mengantarkan kami menuju Santan, hari Selasa 15 Oktober 2013. Hari itu aku akan menuju Jakarta pada penerbangan Garuda jam 15.30 untuk mengikuti aptitude test di Ciputat, Jakarta. Tapi ternyata hari itu adalah Idul Adha, menurut security di dock side, bus akan berangkat sekitar jam 8 atau kurang, tergantung selesainya sholat ied. Menurutnya sholat ied dimulai lebih pagi yakni jam 06.30. Aku agak lega, tapi tetap saja merasa was-was karena bisa saja di jalanan macet karena hari raya.

Jam 7.45 tepat kami berangkat dan perjalanan lancar menuju Balikpapan, dengan hanya 1/2 jam istirahat di Samarinda. Sebagian besar tidak makan di tempat termasuk aku. Jam 13.30 kami tiba di Balikpapan dengan selamat. Lega sudah.

Setelah menggesek kartu di Blue Sky Lounge dan meminta tolong petugas untuk melakukan check in, aku menyantap burger yg tadi aku pesan di Texas Chicken, ditemani secangkir teh dan segelas air mineral. Jam 15.30 kami take off menuju Jakarta. Ternyata susunan nomor seat pesawat sedikit berubah. Nomor seat dimulai dari 20 di belakang business class. Kursi di sebelah kiri bukan DEF tapi HJK. Terlihat beda antara penumpang Garuda dengan maskapai lain, lebih rapi dan berkelas, sementara aku terlihat masih kucel dengan kaos dan sweater casual.

Jam 17.05 WIB kami landing dengan selamat, lalu menuju pintu kedatangan 2F. Aku berada di posisi 25 di antrian taxi Blue Bird. Tampaknya taxi ini tak ada saingan di Jakarta. Aku ditawari seorang petugas untuk mencari taxi Blue Bird di atas, naik lift, katanya. Awalnya aku ragu, tapi beberapa orang setuju dan akupun jadi tak ragu, itung-itung biar lebih cepat. Ternyata kami dicegatkan taxi di drop zone di pintu keberangkatan. Sopir taxi memberi 10 ribuan ke petugas yg mengantarku tadi setelah memasukkan aku ke taxinya.

Kami memasuki tol dengan plang "Angke-Grogol-Cawang". Kemudian masuk ke lajur "Slipi-Senayan-Kebayoran". Di sebelah kiri kulihat Season City, Untar dan FM1 Boutique Hotel. Taxi tetap melaju lancar, konon karena sedang hari libur. Di sebelah kanan kulihat Podomoro City. Setelah memasuki lajur "Semanggi-Kuningan-Mampang", ku melewati jembatan Semanggi dengan Plaza Semangginya.
Sekitar satu jam aku tiba di Plaza Ciputat Mas, survey dulu agar besok siap tempur. Kemudian taxi menurunkan aku di Mercure Simatupang. Check in sekitar jam 19.00 lalu aku langsung menuju kamar 301 Superior Class dan memesan bebek goreng karena perut sudah keroncongan. Hotelnya asik bergaya kontemporer dan berhiaskan kartun Jakarta di dinding di atas kepala. Jendela kamarku menghadap ke timur.

Badan terasa pegal, kemudian aku memutuskan untuk massage yg disediakan hotel. Cukup 1 jam badan terasa segar dan aku lanjutkan baca-baca contoh soal psikotes yg kubeli beberapa hari lalu di Gramedia BC, Balikpapan. Jam 23.00 WIB aku terlelap.

Keesokan paginya, setelah sarapan, aku memesan taxi menuju Plaza Ciputat Mas. Ketika tiba di blok B/B di depan kantor PT. SDM-SR, aku bertemu peserta tes lainnya dan juga mas Agung yg melamar posisi sama. Kantor masih tutup dan baru buka jam 07.45.
Jam 8 test dimulai dengan test hitung, lalu test pengetahuan umum, test intelegensi umum, test melihat bentuk, test hitung deret, test papi kostick dan ditutup dengan test Pauli yg menjumlahkan ratusan deretan angka. Tangan pegal dan mata berkunang-kunang.

Jam 11.30 test komplit dengan muka masih tegang dan tangan pegal, kutelfon sopir taxi yg tadi pagi mengantar aku. Ia sudah siap di parkir blok dan kami pun berlalu menuju bandara lewat Slipi, jarak paling cepat menurut sang sopir taxi. Kali itu aku bersama mas Agung Sunarto karena kami mempunyai flight number yg sama, GA572 menuju Balikpapan jam 15.30 WIB. Ia akan mengikuti FFD test di Pasir Ridge. Tak disangka perjalanan lancar, taxi melesat dengan cepat. Estimasi awal adalah 2 jam, bahkan ada teman yg ngasi ancer-ancer 3 jam. Jakarta gak bisa ditebak, katanya serius. Hanya 1 jam kami sudah tiba lalu langsung check in dan masuk Mandiri Lounge yg terletak sebelum ruang tunggu 2F. Kamipun menghabiskan waktu 3 jam untuk makan siang, membaca, membaca dan membaca di lounge yg ramai itu.

Jam 16.30 kami baru boarding, bahkan jam 17.30 akhirnya baru bisa take off. Seperti sudah biasa, tak ada penjelasan kenapa delay dan sebagainya, bahkan untuk maskapai plat merah sekelas Garuda yg mendapat the Best Regional Airlines dari badan penerbangan Eropah. Aneh.
Jam 20.30 WITA kami landing dgn selamat di Sepinggan, Balikpapan. Satu taxi dengan mas Agung, aku menuju Suraton dan mas Agung menuju Novotel.

Antara landing dan take off total butuh waktu 24,5 jam. Hanya sehari aku di Jakarta kali ini. Semoga setiap langkah mendapat petunjukNya dan semoga apa yg aku lalui mendapat jalan yg terang begitu pula jalan selanjutnya.