Friday, October 11, 2013

Empat Hari di Balikpapan

Sore itu aku tiba di Balikpapan sekitar jam 6 kurang sedikit. Pesawat Lion yg mengantarkan kami sedikit telat dari Makazzar. Langsung menuju Suraton di kamar 209. Hari itu aku absen training hari pertama karena APEC membuat semuanya kacau. Malam hari aku makan di sekitar depan Suraton.

Esoknya adalah training hari kedua. Di kelas kami praktek Wonderware dan connect ke PLC Twido. Namun gagal. Siang hari dilanjutkan oleh asisten dosen Endra yakni mas Denny, belajar Wonderware tapi pakai simulasi RS Logix 5000 Emulator. Kami di kelas hanya berempat: aku, om Jack, Slamet dan Hadi orang Sepinggan. Sore hari aku jalan ke Matahari untuk sekedar beli celana panjang coklat ditambah dengan 3 kaos buat di rumah. Di Gramedia aku mencari buku Saman karangan Ayu Utami dan buku Cerpengram, buku panduan mengarang cerpen. Sebelum pulang aku makan malam di warung babi di samping BC.

Pada hari ketiga yg ngajar mas Denny, melanjutkan latihan Wonderware mulai dari input/output digital dan analog. Sore hari aku diajak om Jack hunting model di Banua Patra. 2 orang teman om Jack dan satu model berpostur tinggi melengkapi sore itu. Tapi si fotografer menolak ketika kutawari memanfaatkan back light. Auuww... Aku hanya bertindak sebagai juru pegang lampu flash.

Hari terakhir kami training hingga jam 3 sore. Setengah hari pertama kami diajar mas Denny. Bos Sigit mengirim whatsapp bahwa mas Ubay, calon bos baruku, ingin ketemu. After lunch ditutup pak Endro yg akhirnya berhasil meng-connect PC ke PLC Twido. Training diakhiri dengan menyerahkan sertifikat tanda kelulusan. Hingga akhir kelas, mas Ubay belum menelfon. Aku menghabiskan waktu cek email di area komputer team training.

"Bos, belum dikontak sama Ubay, nih. Aku udah selesai training" keluhku via Whatsapp.

Tak lama mas Ubay menelfon, "Mas Gede, bisa ke kantor saya sebentar?" tanyanya sopan.

Aku mengiyakan. Setiba di kantornya di MOB, aku mengetuk pintu dan masuk perlahan. Mas Ubay menyalami pelan dan berkata ramah, "Apa kabar, Mas Gede?"

"Baik, mas Ubay, lama juga kita gak ketemu ya, " seruku mencoba memecah es balok.

Kemudian aku dischedulkan mengikuti test aptitude di Jakarta pada tanggal 21 Oktober nanti. Sore hari selepas massage ke Blue Sky, aku meluncur ke Gramedia mencari buku psikotes. 2 buku kubungkus buat latihan.

Makan malam nasi goreng spesial dan jus mangga menemaniku malam itu di Solaria. Setiba di Suraton, aku ketiduran lemas dan jam 4 subuh terbangun lalu melanjutkan kisah Kuli Minyak yg baru "tiba" di Cepu. Semoga sukses untuk tes-ku dan juga lancar penulisan buku "novelku".

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: