Thursday, February 28, 2013

(Buku) Brand Gardener

Buku ini bercerita tentang perubahan yg terjadi dalam dunia broadcasting alias periklanan. Dengan segala perubahan jaman yang terjadi maka metode pemasaran atau beriklan juga harus berubah. Tak cukup hanya berubah tok, harus juga berubah ke arah lebih baik karena selama ini iklan dan usaha branding lainnya dianggap menciptakan masyarakat konsumtif bahkan ada iklan yg menipu.

Penulis juga mengedepankan bahwa sebuah brand seperti tanaman dalam sebuah taman. Ia harus dipupuk agar tumbuh subur ke arah kebaikan.

Yang menarik buat saya, di bagian halaman-halaman dalam buku ada tulisan kontributor tentang Akademi Berbagi yg merintis usaha berbagi apa saja, terutama ilmu kepada siapa saja yg membutuhkan, secara gratis tentunya. Akademi berbagi bahkan sudah merambah berbagai kota di Indonesia. Dengan pembicara (sukarela) dari berbagai bidang.

Yang membuat darah saya mengalir deras adalah karena dalam pikiran saya sejak beberapa tahun ini ingin sekali membuat "akademi berbagi" kepada anak-anak kecil di kampungku. Setidaknya aku mulai dari berbagai ilmu sederhana yg saya punya. Syukur-syukur saya bisa "mengajak" teman-teman lain untuk menjadi sukarelawan. Semoga keinginan idealis ini bisa terlaksana segera.

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: