Thursday, February 28, 2013

(Buku) Follow Your Passion

Miliki visi yaitu kemampuan melihat masa depan dengan mata bathin dan pikiran kita. Agar visi kuat, buat dream book. Tulis 100 hal yg kita inginkan dalam hidup: hal yg ingin dimiliki, tempat yg ingin dikunjungi, hal-hal yg ingin dilakukan, ingin jadi pribadi seperti apa.

Tulis goal beserta target batas waktu di atas kertas, tempel di tempat yang sering dilihat, baca setiap pagi. Visualisasikan dan tempel tangan di atas kertas.

Minta karyawan tulis resolusi: karir, kesehatan, keuangan, fashion.

Passion is things that you really love doing.

Cara menguji kita bekerja sesuai passion, cek tiap senin apakah kita semangat untuk kembali bekerja.

Think big, start small, act now. Pelajari, cari info, kembangkan wawasan, browsing internet, beli buku/majalah, lakukan aktivitas, bergaul dgn orang se-passion, bertanya pada ahlinya, masuk komunitas.

Kerjakan apa yg kita bisa, dengan apa yg kita punya, perbaiki sambil jalan.

Jika ingin sukses, awali dengan berfikir sukses. Pikiran menjadi kata-kata, lalu menjadi tindakan, kemudian menjadi kebiasaan, lalu menjadi karakter, karakter ini yg menentukan nasib kita di masa depan.

Menurut Malcolm Caldwell, butuh 10.000 jam terbang (417 hari) untuk menjadi master di bidang yg dinginkan.

Agar bisnis kita besar dan kuat, besarkan dan kuatkan dulu karakter pribadi kita. Kuatkan akar agar menjadi pohon yg tahan badai.

Dengan berpartner, kita bisa mengerjakan lebih banyak hal.

Bergabung dengan komunitas yg tepat akan membuat kita lebih cepat tumbuh. Bibit tanaman yg bagus akan tumbuh subur di lahan yg bagus.

Miliki mentor yg tepat sesuai bidang yg diminati. Pengalaman orang lain adalah guru yg paling utama.

Faktor X. Salah satunya mohon doa orang tua. Go giver. Sisihkan sebagian penghasilan untuk mendukung orang lain baik itu uang maupun ilmu.

Law of Attraction. Bersyukur dengan yg kita miliki sekarang, ini akan menarik hal-hal baik yg lebih besar. Visualisasi goal setiap hari, bawa dalam doa, catat dalam dream book.

Libatkan tuhan dalam setiap langkah. Hidup seimbang antara karir, keluarga, keuangan, fisik, mental, sosial dan spiritual.

Gede A Setiawan
(gedeasetiawan@yahoo.com)

No comments: